Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas TV "Borong" Penganugerahan Film Dokumenter "Tangguh Award"

Kompas.com - 14/10/2014, 09:14 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kompas TV menyabet penganugerahan kategori film dokumenter terbaik, Citra Leka Birawa dalam "Tangguh Award" yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangkaian bulan risiko bencana nasional di Bengkulu, Senin (13/10/2014) malam.

Sedangkan, untuk kategori penulisan jurnalistik, Citra Carita Parama dimenangkan oleh Harian Kompas. Kategori film dokumenter Juara I dimenangkan oleh jurnalis Kompas TV dengan judul "Merapi Tak Pernah Ingkar Janji" karya Arien, diposisi II "Mereguk Renjana di Timur Flores" karya Hermanto. Juara III "Mimpi Buruk Jakarta" karya Harfin Naqsyahbandiyah.

Sedangkan untuk naskah jurnalistik, tulisan jurnalis Harian Kompas Hendrio Widy, berjudul "Desa Tangguh" terpilih sebagai Juara I. Menyusul karya jurnalis Kompas lainnya, A.Arif berjudul "Letusan Sinabung Bencana Diatas Bencana". Di posisi III, tulisan berjudul "Sampai Kapan Mandi Air Lumpur" karya jurnalis Harian Surya, Eben Heizer Panca.

Selain itu BNPB juga memberikan beberapa penghargaan lain berupa website BPBD tingkat provinsi dan kabupaten terbaik. Website tingkat provinsi dimenangkan oleh Jawa Tengah, menyusul DKI Jakarta dan Bali di posisi ketiga.

Website BPBD terbaik tingkat kabupaten yakni, Bekasi di urutan pertama, menyusul Kabupaten Luwu Timur dan Denpasar. Untuk kategori media massa yang respons cepat, akurat terhadap bencana dianugerahkan kepada Kantor Berita Antara, Koran Sindo, dan Radio Elshinta.

Terpilih juga tokoh inspiratif yakni, Irjen Pol. Condrokirono atas dedikasinya saat penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. Menyusul Ngrasi seorang camat dari Ngancar, Kabupaten Kediri saat evakuasi bencana Gunung Kelud, Pendeta Agustinus Purba dedikasi dalam menangani pengungsi Gunung Sinabung, dan Suprapto pengelola radio komunitas Kelud FM.

Soetopo Purwonugroho dari Pusat Data dan Humas BNPB menyebutkan penghargaan ini diberikan kepada instansi, individu yang dianggap berdedikasi tinggi terhadap kebencanaan. "Para peraih penghargaan tersebut diseleksi secara ketat oleh juri yang kompeten dan profesional di bidangnya. Tahun depan kami berharap lebih banyak lagi peserta yang ikut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com