Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kekerasan Siswa, SD hingga SMA Disarankan Pasang CCTV

Kompas.com - 13/10/2014, 23:55 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

Sumber Antara


PADANG, KOMPAS.com - Anggota DPRD Sumatera Barat, Hidayat, menyarankan agar seluruh sekolah dari tingkat SD hingga SMA dilengkapi CCTV atau kamera pengintai di setiap ruangan kelas.

Hal tersebut untuk mencegah terulangnya kejadian pemukulan terhadap siswa yang videonya diunggah dalam situs youtube beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari Antara, Senin (13/10/2014), CCTV tersebut diperlukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan negatif yang terjadi di ruang kelas dan lingkungan sekolah, misalnya kasus kekerasan dan tindak asusila. Oleh karena itu, Hidayat meminta pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota menganggarkan pengadaan CCTV di sekolah.

Selain pemasangan CCTV, ia juga meminta seluruh guru mengawasi dan membenahi karakter siswa. "Jangan hanya menyelesaikan tugas seorang pengajar saja. Guru juga harus mendidik siswa ke arah yang baik," ujar Hidayat.

Hidayat berharap kasus tersebut menjadi perhatian pejabat pemerintah Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan. Karena itu lah, ia meminta video pemukulan siswa tersebut ditayangkan saat penutupan sidang paripurna dewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com