Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ton Sampah di Teluk Ambon Belum Termasuk Limbah Kapal

Kompas.com - 12/09/2014, 13:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Ambon, Ali Ibrahim menegaskan, dua ton sampah sehari yang diangkat dari perairan Teluk Ambon, belum termasuk sampah dan limbah yang dihasilkan dari kapal-kapal yang berlabuh di lokasi itu.

Hal ini diungkapkan Ali saat memimpin acara aksi bersih sampah di teluk Ambon, Jumat (12/9/2014) yang diikuti ratusan pegawai perhubungan di Kota Ambon. Aksi para PNS ini dilakukan sejak pagi dengan menggunakan sejumlah speedboat sambil memungut sampah yang mengapung di Teluk Ambon.

Tak hanya PNS, sejumlah warga juga ikut serta dalam aksi tersebut. Aksi bersih sampah di laut ini digelar sebagai bentuk kampanye kepada warga untuk tidak membuang sampah di laut. Aksi ini juga dilakukan untuk memperingati Hari Perhubungan yang setiap tahunnnya dirayakan pada 17 September.

Sebelum digelar aksi bersih sampah ini, para peserta sebelumnya menggelar apel peserta di Pelabuhan Ambon.  Dalam aksi itu ratusan pegawai perhubungan bersama masyarakat ini lalu menyisir perairan di Teluk Ambon untuk mengangkat sampah yang mengembang di laut tersebut.

Mereka juga menyisir kawasan Pantai Pasar Mardika untuk membersihkan sampah yang ada. Sampah-sampah yang dikumpulkan itu selanjutnya diangkut oleh petugas untuk dibawa ke tempat sampah yang disediakan.

Menurut Ali, aksi yang dilakukan itu juga untuk mendukung program Pemerintah Kota Ambon untuk mewujudkan Ambon yang bersih yang sedang digalakkan. ”Kegiatan ini juga untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan Kota Ambon yang bersih,” ujar Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com