Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanasan, Puluhan Peserta Upacara HUT RI Pingsan

Kompas.com - 17/08/2014, 12:11 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com
- Panasnya udara di lapangan sepak bola Madya, Kendal, Jawa Tengah, yang dijadikan tempat upacara HUT ke-69 RI di Kabupaten Kendal, membuat puluhan peserta upacara pingsan, Minggu (17/8/2014).

Sejumlah peserta satu-persatu jatuh dan harus dibawa oleh petugas kesehatan yang telah bersiap di belakang peserta upacara. Mereka yang pingsan kebanyakan dari pelajar.

Sebelumnya, petugas kesehatan telah mengantisipasinya dengan memberi air mineral kepada peserta upacara.

Novera, salah satu peserta upacara dari pelajar SMP mengaku tidak kuat berdiri lama dan kemudian pingsan karena kepanasan. Padahal, dari rumah, Novera mengaku sudah sarapan dan merasa sehat.

“Kami sudah berada di lapangan untuk mengikuti upacara dari pagi. Tapi lama-kelamaan, udara semakin panas, dan saya bersama beberapa teman yang lain pingsan karena tidak kuat. Padahal, kami juga sudah minum,” kata Novera.

Sementara itu, petugas kesehatan, Toni mengakui udara di Kendal hari ini cukup panas. Pihaknya sudah mengantisipasi supaya tidak ada peserta yang pingsan, dengan cara menyiapkan air mineral di samping barisan peserta upacara.

“Tapi udara memang panas. Mereka tetap saja banyak yang pingsan,” katanya.

Upacara HUT Ke-69 RI di kabupaten Kendal dipimpin oleh Bupati Kendal Widya Kandi Susanti. Sementara pembaca pembukaan UUD 1945 adalah Bintang Yudha Daneswara, anak bupati.

Peserta juga dihadiri pimpinan Muspida, TNI, Polri, pelajar SMP dan SMA, serta organisasi kepemudaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com