Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa PKS Jatim Beri "Kartu Merah" kepada Israel

Kompas.com - 13/07/2014, 17:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan massa keluarga besar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim menggelar aksi unjuk rasa mengecam agresi militer Israel ke Palestina, Minggu (13/7/2014) sore.

Mereka memberi "kartu merah" kepada Israel karena kerap kali melakukan pelanggaran kemanusiaan kepada rakyat Palestina. Massa dari kalangan laki-laki dan perempuan itu memenuhi bahu jalan di Jalan Gubernur Suryo, tepat di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Selain berorasi, massa PKS juga membawa potongan kertas bergambar kartu merah untuk Palestina. Di akhir unjuk rasa, kartu merah itu diangkat massa sambil meniup peluit bersama-sama.

Perwakilan PKS Jatim, Siddiq Baihaqi mengatakan, kartu merah melambangkan peringatan keras kepada Palestina yang kerap melakukan aksi pelanggaran hak azasi manusia kepada rakyat Palestina.

"Kartu merah ini dengan harapan agar PBB bertindak tegas kepada Israel," ungkapnya.

Istilah kartu merah juga dinilai lebih akrab akhir-akhir ini menyusul digelarnya Piala Dunia 2014 di Brazil yang sebentar lagi sudah memasuki babak final.

Selain memberi kartu merah, massa juga mendesak semua badan dunia yang berwenang untuk segera menghentikan agresi Israel, dan segera menyelamatkan rakyat Palestina.

"Kepada pemerintah Indonesia, kami minta segera lakukan tindakan aktif dan nyata dengan mengirim pasukan perdamaian, mengirimkan bahan bantuan, dan berdiri di depan untuk menggalang dukungan dari seluruh negara dunia," kata orator aksi, Muhammad Sirodj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com