Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksinya Dikeluarkan dari Pleno Rekap, Eks Bupati Pamekasan Protes

Kompas.com - 21/04/2014, 16:58 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com
- Mantan Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Kholilurrahman, yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Pemilihan XI Madura, Jawa Timur, mendatangi lokasi penghitungan suara yang digelar KPU Pamekasan di gedung PKPN Pamekasan, Senin (21/4/2014).

Kedatangan Kholilurrahman dengan didampingi sejumlah tim suksesnya, karena tidak terima dengan saksinya, Husni, yang dikeluarkan paksa dari forum penghitungan suara.

Peristiwa tersebut berawal karena adanya perbedaan hasil hitungan suara versi saksi dari PKB dan Partai Gerindra, dengan versi PPK Kecamatan Proppo. Akibatnya, kedua saksi itu memprotes PPK Proppo yang membacakan hasil rekapan.

Saat protes berlangsung, terjadi adu argumentasi yang mengarah pada debat kusir antara saksi Gerindra dan PKB dengan saksi PPK Proppo. Untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan, aparat kepolisian yang mengamankan jalannya penghitungan suara, terpaksa mengeluarkan kedua saksi tersebut.

"Tadi saksi saya didorong ke luar ruangan. Jadi ada hitungan suara suara yang tidak dihadiri oleh saksi saya. Jadi hitungan yang tidak dihadiri saksi saya harus diulang," terang Kholilurrahman di tengah-tengah forum hitungan suara.

Kapolres Pamekasan, AKBP Nanang Chadarusman, mengaku anggotanya tidak tahu bahwa yang dikeluarkan ada dari saksi PKB. Sebab, yang melakukan protes adalah saksi Gerindra. "Anggota kami tidak paham kalau ada saksi PKB yang dikeluarkan," timpalnya.

Kholilurrahman tetap mendesak KPU Jawa Timur mengulang dari awal penghitungan suara yang tidak diikuti oleh saksinya. Beberapa menit kemudian, penghitungan suara dilanjutkan kembali dengan dihadiri saksi PKB.

Kholilurrahman mengikuti langsung proses penghitungan ulang suara yang tidak dihadiri oleh saksinya, dengan didampingi Kapolres Pamekasan dan Wakapolres Pamekasan.

Setelah memastikan tidak ada persoalan dengan perolehan suaranya, Kholilurrahman, langsung meninggalkan forum penghitungan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com