Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumadi, Tukang Servis Kompor yang Maju Jadi Caleg

Kompas.com - 06/02/2014, 17:53 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Menjadi seorang wakil rakyat ternyata banyak dimimpikan masyarakat. Tak terkecuali seorang tukang servis kompor gas, Jumadi, warga Kelurahan Gebang, Kecamatan Gebang, Jember, Jawa Timur.

Kini, dia tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember dari Partai Hanura.

“Saya tidak punya modal besar, Mas, untuk nyalon, tetapi saya yakin akan dapat dukungan dari rakyat, terutama ibu-ibu rumah tangga,” kata Jumadi, Kamis (6/2/2014).

Jumadi mengaku ikut maju dalam Pileg karena awalnya mendengar keluhan masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga yang pernah menggunakan jasanya untuk menyervis kompor gas.

“Saya sejak tahun 2008 lalu sudah jadi tukang servis Mas. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang mengeluh kepada saya,” akunya. “Gimana ini Mas, kok, anggota dewan tidak pernah turun ke bawah, dan tidak pernah peduli dengan nasib kita ini,” kata Jumadi menirukan ucapan ibu-ibu yang pernah didatanginya.

Jumadi kemudian memutuskan maju sebagai salah satu caleg. “Hati saya tergerak ketika mendengar keluhan itu, untuk itu bismillah saya maju sebagai caleg,” ungkap dia.

Jumadi menambahkan, dengan modal seadanya, dia akan berusaha semaksimal mungkin melakukan sosialisasi sekaligus meminta dukungan kepada masyarakat.

“Kalau caleg lain pasti banyak modalnya, sehingga ketika mereka jadi pasti akan tebersit untuk mengembalikan modalnya itu. Jika ini yang terjadi, pasti akan berujung pada korupsi,” kritiknya.

Dia memanfaatkan pekerjaannya sebagai tukang servis kompor untuk melakukan sosialisasi sekaligus meminta dukungan kepada masyarakat.

“Kalau sudah orang tidak mampu yang nyervis kompornya, pasti saya gratiskan. Karena saya tahu bagaimana susahnya cari uang untuk makan,” sambungnya.

Jumadi yakin dengan banyaknya masyarakat yang telah menggunakan jasa servis kompornya sejak tahun 2008 lalu, dia akan mendapat dukungan meskipun tanpa memberikan imbalan kepada masyarakat.

“Saya yakin para pelanggan saya akan memilih saya,” katanya dengan nada optimistis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com