Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok di Hari HAM, Polisi Amankan 50 Mahasiswa Makassar

Kompas.com - 10/12/2013, 19:14 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dari bentrokan yang mewarnai peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) di depan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) di Makassar, Sulawesi Selatan, aparat kepolisian mengamankan 50 mahasiswa, Selasa (10/12/2013).

Kepala Bidang Hubungan Mahasiswa (Kabid Humas) Polda Sulselbar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Endi Sutendi yang dikonfirmasi Kompas.com via telepon selular mengatakan, ke-50 mahasiswa Unismuh tersebut memblokade jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa.

"Kelima puluh mahasiswa yang diamankan semuanya dibawa ke Polrestabes Makassar. Nantinya, mereka akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik. Jika tidak terbukti melakukan tindak pidana, mahasiswa tersebut akan dipulangkan. Mereka diamankan karena melakukan pemblokiran jalan selama beberapa jam yang mengganggu aktivitas masyarakat," jelasnya.

Polisi juga menyita belasan sepeda motor dari lokasi bentrokan. Diangkut dengan truk Dalmas, belasan sepeda motor itu kini berada di markas Polrestabes Makassar.

Sehari sebelumnya, Senin (9/12/2013), polisi mengamankan 48 mahasiswa yang terlibat bentrok dengan polisi pada demonstrasi Hari Antikorupsi. Mereka diringkus dari sejumlah lokasi di Kota Makassar. "Kemarin 48 mahasiswa yang diamankan, namun sebagian sudah dipulangkan," tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, bentrokan fisik antara mahasiswa melawan polisi di hari peringatan Hari Antikorupsi terjadi di tujuh lokasi di ibukota Sulawesi Selatan tersebut. Bentrokan itu berlangsung sekitar lima jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com