Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa dan Polisi Kembali Bentrok di Makassar

Kompas.com - 10/12/2013, 16:13 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Bentrokan fisik antara mahasiswa dan polisi di Makassar kembali pecah, Selasa (10/12/2013). Bentrokan terjadi di Jalan Sultan Alauddin saat mahasiswa menggelar unjuk rasa memperingati Hari Hak Azasi Manusia (HAM).

Sebelumnya, bentrok serupa terjadi saat mahasiswa memperigati Hari Antikorupsi Sedunia pada Senin (9/12/2013).

Dalam pantauan Kompas.com, pada bentrokan hari ini, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) menyerang aparat kepolisian. Sebelumnya, mereka berunjuk rasa dengan memblokade jalan Sultan Alauddin. Aparat kepolisian berupaya melakukan negosiasi dengan mahasiswa, tetapi petugas malah mendapat lemparan batu. Tim negosiasi dari kepolisian pun mundur setelah diberondong batu oleh mahasiswa.

Petugas yang terdiri dari pasukan anti-huru-hara dan Brimob membentuk blokade dan berusaha memukul mudur mahasiswa. Polisi terlihat beberapa kali melepaskan tembakan gas air mata ke arah mahasiswa. Akibatnya, arus lalu lintas di jalan tersebut menjadi lumpuh total.

Antrean panjang kendaraan terjadi sepanjang satu kilometer. Adapun kendaraan dari arah Jalan AP Pettarani yang hendak melintas terpaksa dialihkan ke jalur alternatif lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com