Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Demo Kelangkaan BBM, Seorang Siswi Kesurupan

Kompas.com - 21/11/2013, 18:06 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Ribuan pelajar dari semua jenjang pendidikan di pulau Masalembu, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang mengikuti unjuk rasa ke kantor Agen Premium Minyak dan Solar (APMS), Kamis (21/11/2013) diwarnai dengan kegaduhan.

Kegaduhan itu disebabkan salah satu siswi kesurupan. Siswi yang diketahui bernama Eka itu, tiba-tiba menjerit dan kejang-kejang. Para guru dan warga sekitar yang melihat kejadian itu panik dan menggotong Eka ke salah satu rumah warga. "Eka mungkin kelelahan dan tidak sarapan sebelum ikut aksi demo," kata Sulaiman Fajar, salah satu guru SMP Negeri 1 Masalembu.

Demo yang digelar ribuan pelajar dan ratusan guru itu menuntut solusi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) yang sudah berlangsung tiga bulan lamanya. Keberadaan APMS di Masalembu tidak bisa memenuhi kebutuhan warga. Sebab APMS hanya menjual BBM bersubsidi kepada subagen dan pedagang-pedagang besar. Sementara warga dibatasi pembeliannya.

"Di Masalembu sekarang harga BBM sudah Rp 25.000 per liternya. Itupun sulit untuk membelinya karena ada permainan antarpedagang," kata Sulaiman.

Lebih lanjut Sulaiman menambahkan, akibat tidak adanya solusi kelangkaan BBM, kegiatan pendidikan di Masalembu menjadi tidak efektif karena banyak siswa dan guru yang telat datang ke sekolah.

"Kalau kondisinya seperti itu terus, maka pendidikan di Masalembu bisa rusak. Mau memberikan sanksi kepada murid atau guru yang sering telat datang ke sekolah tidak mungkin karena keadaannya memang demikian," pungkas Sulaiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com