Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Diresmikan, Ruang VIP RSU Polewali Ambruk

Kompas.com - 15/11/2013, 14:53 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Ruang VIP RSU Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yang baru beberapa pekan diresmikan, tiba-tiba ambruk pada bagian atap dan plafonnya, Jumat (15/11/2013). Tak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian itu. Hanya beberapa pasien sempat kaget.

Akibat peristiwa itu, pasien di ruang VIP terpaksa dipindahkan ke ruangan perawatan lainnya. Kondisi gedung yang retak membuat banyak pasien ketakutan.

Direktur RSUD Polewali dr Syamsiah menyatakan, rusaknya ruang VIP RSUP Polewali Mandar disebabkan kerusakan pada instalasi pembuangan.

"Kejadian ini diakibatkan oleh instalasi pembuangan yang rusak sehingga merembes ke seluruh bangunan, termasuk plafon. Untuk sementara, pasien dipindahkan ke ruangan lainnya," kata Syamsiah.

Saat ditanya penyebab kerusakan fasilitas AC, termasuk sejumlah retakan pada gedung yang baru diresmikan ini, Syamsiah malah menyalahkan keluarga pasien. Menurutnya, kerusakan gedung ini tidak hanya disebabkan pembangunan yang tidak maksimal, tetapi juga akibat ulah pengunjung sendiri.

"Kerusakan itu juga terjadi bukan karena kualitas bangunan yang jelek, tetapi disebabkan pengunjung pasien yang tidak bisa diatur," tandas Syamsiah.

Menurutnya, pihak rumah sakit telah membatasi penjaga pasien hanya dua orang, tetapi yang datang sampai lima orang. "Jadi, kalau setiap pasien penjaganya lima orang, berarti untuk lantai satu, penjaga pasien bisa sampai 50 orang. "Kalau sudah begitu, sekuat apa pun bangunannya, pasti tetap rusak," elak Syamsiah.

Jauh hari sebelum kejadian ini, sejumlah perawat dan pasien di rumah sakit ini khawatir melihat kondisi gedung yang sejumlah bagiannya tampak retak meski baru beberapa pekan diresmikan penggunaannya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Perencanaan RSU Polewali Mandar Aco Jamil mengatakan, kerusakan pada salah satu bangunan di RSUD tersebut karena ada penyumbatan instalasi pipa yang kemudian merembes ke bagian gedung lainnya sehingga menyebabkan kerusakan.

"Beberapa waktu lalu itu telah diminta untuk segera dibersihkan karena dikhawatirkan kerusakannya menjadi parah. Namun, belum diperbaiki hingga akhirnya rusak seperti saat ini," kata Aco.

Lanjut Aco, pihak rumah sakit telah meminta penanggung jawab untuk segera memperbaiki kerusakan gedung VIP sehingga gedung tersebut bisa segera difungsikan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com