Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Layang-layang Meriahkan Festival Budaya Bumi Khatulistiwa

Kompas.com - 29/09/2013, 03:41 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Festival Budaya Bumi Khatulistiwa (FBBK) merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat. Tahun ini, FBBK XI ini digelar pada 26-29 September 2013, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, diikuti 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Salah satu atraksi dalam rangkaian FBBKini adalah lomba layang-layang yang bertujuan mengangkat khazanah seni budaya serta permainan rakyat Kalimantan Barat. Lomba layang-layang ini dilaksanakan di kompleks GOR Pangsuma, Pontianak, Sabtu (28/9/2013).

Lomba layang-layang ini diikuti enam daerah, yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Bengkayang.

Salah seorang juri lomba, Yohanes Palaunsoeka, menjelaskan ada tiga hal dalam kriteria penilaian. Pertama kreativitas dan originalitas atau ciri khas dari daerah peserta. Kemudian keindahan dan estetika, yang mengacu pada keindahan bentuk layangan.

"Kemudian layak terbang, karna ini lomba layang-layang, jadi dinilai juga, layak terbang atau tidak," ujar Yohanes, Sabtu (28/9/2013).

Yohanes menambahkan, kriteria lomba layang-layang dibagi menjadi dua, yakni dua dimensi tradisonal atau yg disebut layangan merak. Kriteria kedua adalah tiga dimensi yang merupakan layang-layang hias modern namun dengan konsep ciri khas daerah.

Beragam bentuk layangan milik peserta tampil dalam ajang ini. Mulai dari bentuk dua dimensi hingga tiga dimensi. Ada yang berbentuk burung, visual wajah manusia, bentuk merak, dan berbagai bentuk unik lainnya.

Hujan yang turun sesaat sebelum perlombaan ternyata tak menyurutkan semangat para peserta lomba. Turunnya hujan justru dimanfaatkan peserta untukmempersiapkan layang-layang yang akan diterbangkan dan memeriksa kondisi layang-layang.

Selain lomba layang-layang, FBBK juga menggelar berbagai ajang lain misalnya parade lagu daerah, tarian daerah, lomba syair melayu, serta lomba sumpit. Kemudian lomba pangkak gasing, lomba berbalas pantun, dan pemilihan bujang dara khatulistiwa.

Rangkaian berbagai ajang tersebut memperebutkan piala bergilir Festival Budaya Bumi Khatulistiwa. Menurut rencana, FBBK XI akan ditutup pada Minggu (29/9/2013) di Museum Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com