Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Rakyat Terbakar, Stok Lebaran Pedagang Pun Ludes

Kompas.com - 28/09/2013, 16:22 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Terbakarnya Pasar Rakyat Nasional di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Sabtu, (28/92013) dini hari, memusnahkan stok barang para pedagang yang disiapkan untuk hari raya Idul Adha.

Pantauan Kompas.com, setelah api benar-benar padam, para pedagang mengais-ngais barang dagangan mereka yang telah hangus. Mereka berharap ada barang yang bisa lolos dari api.

Pantauan kompas.com, Sabtu, (28/9/2013), sejumlah pedagang yang berjualan dilokasi pasar rakyat nasional yang terletak di Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan Pusat Kota Meulaboh, mulai mengais sisa barang milik mereka yang sudah hangus terbakar.

Iltas salah satu pemilik tiga toko di pasar yang berlokasi di Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh, itu mengatakan seluruh stok dagangannya ludes. Tak ada yang selamat.

“Semua barang yang ada dalam toko saya hangus, padahal sebagian barang baru saya pasok untuk persediaan Lebaran (Idul Adha) nanti, karena setiap menjelang Lebaran permintaan pasar meningkat” kata Ilyas.

Ketika kebakaran terjadi, sebenarnya Ilyas sedang dalam perjalanan ke Banda Aceh untuk berkulakan kain dan pakaian. “Saya tahu toko terbakar karena ditelepon oleh anak saya, kata anak saya tidak usah belanja lagi, karena toko kita sudah terbakar”

Akibat musibah kebakaran tersebut, Ilyas mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah, “Seluruh isi barang dalam toko sekitar Rp 200 juta, dan barang yang berupa kain dan pakaian itu sebagian masih belum lunas kredit dengan bank,” ujarnya.

Dia berharap ada bantuan dari pemerintah setempat agar dia bisa memulai kembali usahanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com