Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Teror, Penjagaan Polda Jatim Diperketat

Kompas.com - 19/08/2013, 16:48 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Penjagaan markas Polda Jawa Timur di Surabaya mendadak diperketat sejak Senin (19/8/2013). Pengamanan ekstra dilakukan menyusul aksi penembakan yang menewaskan dua orang anggota Polsek Pondok Aren, Bripka Ahmad Maulana (35) dan Aiptu Koes Hendratma (44), Jumat (16/8/2013) malam.

Semua tamu diharuskan melapor dan meninggalkan identitas saat masuk ke area Mapolda Jatim di Jalan Ahmad Yani No 116 Surabaya, termasuk wartawan.

Tamu yang menggunakan kendaraan roda empat wajib membuka kaca mobil saat melintas di pos penjagaan. Sementara pengguna roda dua wajib membuka kaca helm dan melepas jaket.

Menurut Kepala Sub Bidang Penmas Polda Jatim Kombes Pol Suhartoyo, pengamanan melibatkan puluhan anggota satuan Brimob dan Sabhara. "Ini intruksi dari Mabes Polri terkait banyaknya aksi teror yang terjadi dan melibatkan korban polisi," katanya kepada wartawan.

Mabes Polri, kata dia, juga mengimbau semua anggota jajaran Polda Jatim untuk meningkatkan kewaspadaan saat bertugas. "Selain pengamanan markas, semua anggota juga dihimbau supaya lebih waspada saat menjalankan tugas. Khususnya, untuk anggota yang bertugas di lapangan," ungkap Suhartoyo.

Penembakan Koes saat malam peringatan HUT RI itu terjadi di depan Masjid Bani Umar, Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, sekitar 22.00 WIB. Adapun Maulana ditembak setelah keluar dari mobil Toyota Avanza yang terperosok ke selokan dalam pengejaran pelaku.

Pelaku kemudian melarikan diri dengan merampas sepeda motor bernomor polisi B 6620 SFS milik warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com