Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Bagian Lapas Labuhan Ruku Dirobohkan

Kompas.com - 19/08/2013, 09:04 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

BATU BARA, KOMPAS.com — Para petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku yang berada di Desa Pahang, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, membereskan sisa-sisa kebakaran, Senin (19/8/2013) pagi.

Sejumlah ruangan seperti sel para napi dan kantor lapas kini menjadi puing-puing pascakebakaran yang menghanguskan sebagian besar bangunan Lapas Labuhan Ruku, Minggu (18/8/2013).

Petugas lapas pun harus merobohkan beberapa bagian bangunan, seperti atap, jendela, dan jerjak besi yang hangus terbakar. Sejumlah aparat kepolisian dan personel TNI masih tampak berjaga-jaga di luar dan di pelataran lapas.

Diperkirakan ada sekira 400 personel dari Kepolisian dan TNI yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan sejak Minggu malam hingga Senin pagi. Sementara itu, para napi yang tadi malam sempat keluar dari sel masing-masing masih tetap berada di dalam lapas.

Sebelum terbakar, kerusuhan terjadi di dalam lapas antara napi dan petugas lapas. Sejumlah napi yang protes dengan remisi perayaan HUT Ke-68 Kemerdekaan RI kemudian melakukan pembakaran sejumlah ruangan lapas, mulai dari dapur, sel napi, hingga kantor lapas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com