Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusuh Lapas Labuhan Ruku Diduga Dipicu Provokasi Napi Pindahan

Kompas.com - 19/08/2013, 02:07 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

BATU BARA, KOMPAS.com — Penyebab rusuh berujung kebakaran Lapas Labuhan Ruku di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, diduga dipicu oleh narapidana pindahan dari Lapas Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Provokasi bermula dari ketidakpuasan atas remisi.

"Ya, (diduga) provokatornya merupakan napi dari lapas lain yang dititipkan di lapas ini," kata Kepala Polres Batu Bara AKBP JP Sinaga kepada sejumlah wartawan, Senin (19/8/2013) dini hari. Menurut dia, kerusuhan bermula dari ketidakpuasan para napi terhadap remisi Hari Kemerdekaan Ke-68 Republik Indonesia.

Ketidakpuasan itu muncul karena sebagian narapidana tak mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan tersebut dan menganggap hal itu tak adil. "Berdasarkan data lapangan yang kami peroleh sementara, rusuh berujung pembakaran lapas dilakukan oleh para napi yang merasa emosi karena tidak mendapat remisi pada perayaan 17 Agustus 2013 kemarin," katanya.

Data yang diperoleh dari Kepala Pengamanan Lapas Sutopo Brutu menunjukkan terdapat 49 napi pindahan dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku. Adapun jumlah napi di lapas ini mencapai 800 orang, sementara kapasitas lapas tak sampai separuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com