Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Perempuan Lapas Labuhan Ruku Diungsikan, 5 Tahanan Kabur Tertangkap

Kompas.com - 19/08/2013, 00:00 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

BATU BARA, KOMPAS.com — Menyusul kerusuhan yang berujung pembakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku, Batu Bara, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2013), semua tahanan perempuan dipindahkan. Lima tahanan yang kabur sudah tertangkap.

"Malam ini juga 40 tahanan perempuan Lapas Labuhan Ruku dipindahkan, (antara lain) ke (Lapas) Tanjung Balai," kata Kepala Polres Batu Bara AKBP JP Sinaga di lokasi Lapas Labuhan Ruku, Minggu malam. Mereka dipindahkan karena kondisi lapas yang terbakar sudah tak memungkinkan untuk para tahanan perempuan ini. Adapun tahanan lelaki, ujar dia, dianggap masih memungkinkan untuk tinggal di reruntuhan lapas.

Sinaga juga mengatakan, dari setidaknya 30 tahanan yang kabur setelah kerusuhan dan kebakaran lapas, 5 di antaranya sudah ditangkap kembali. Dia belum merinci lebih lanjut data soal penangkapan ini.

Saat insiden terjadi, lapas dihuni 874 tahanan dan narapidana. Sementara itu, kapasitas lapas tak lebih dari 300 orang. Jumlah tahanan dan narapidana tersebut sudah mencakup titipan 49 tahanan dari Lapas Lubuk Pakam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com