Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

BBPOM Semarang: Waspada Produk Cuci Gudang!

Sabtu, 13 Juli 2013 | 10:57 WIB
Kompas.com/Ronny Adolof Buol Tim pemeriksa BPOM Manado melakukan sidak ke sejumlah pasar swalayan dan pasar tradisional yang ada di Manado untuk memastikan produk makanan dan minuman yang dijual aman untuk dikonsumsi.

SEMARANG, KOMPAS.com — Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Semarang meminta masyarakat setempat mewaspadai makanan dan minuman yang didiskon atau produk cuci gudang.

Pasalnya, produk cuci gudang itu belum tentu memenuhi standar layak konsumsi. "Kami berharap masyarakat mewaspadai produk cuci gudang, apalagi mendekati Lebaran nanti, banyak perusahaan yang melakukan cuci gudang," kata Kepala BBPOM Semarang, Zulaimah, Jumat (12/7/2013) siang.

Zulaimah meminta, masyarakat menghindari makanan dalam kemasan kaleng yang sudah berkarat atau penyok karena bisa jadi kuman sudah masuk ke makanan di dalam kaleng. Selain itu, banyak pula produk cuci gudang yang kedaluwarsa.

BBPOM juga, kata Zulaimah, bakal memperketat pengawasan terhadap berbagai produk cuci gudang. Pihaknya mulai pekan depan akan mengintensifkan inspeksi mendadak. Beberapa tempat yang menjadi sasarannya antara lain penjual takjil pinggir jalan, swalayan, hingga pasar tradisional.

"Targetnya makanan yang tidak memiliki izin edar, parsel, hingga label tidak memenuhi syarat," tandasnya.

Selain sidak, BBPOM juga akan menggunakan mobil laboratorium keliling untuk memeriksa takjilan di pinggir jalan.

Editor : Farid Assifa
Sumber: Tribunnews.com