Minggu, 23 November 2014

News / Regional

"Nyalon" Bupati, Ketua KPU Magelang Mundur

Selasa, 2 Juli 2013 | 20:28 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Ahmad Majidun, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang. Hal itu terkait pendaftaran Majidun sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang periode 2013-2018.

"Saya sudah mengundurkan diri, surat pengunduran diri secara resmi telah saya layangkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah" kata Ahmad Majidun, Selasa (2/7/2013).

Namun demikian, dia enggan menjelaskan secara rinci alasan keputusan tersebut, termasuk keputusannya mendaftar lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). "Tapi saya berjanji akan segera mengembalikan semua fasilitas KPU, termasuk mobil inventaris," kata dia.

Reni Puji Astuti, Divisi Pencalonan KPU Kabupaten Magelang mengaku belum menerima secara resmi surat pengunduran diri dari Ahmad Majidun sebagai Ketua KPU.

Menurut Reni, surat pengunduran diri lebih dulu ditujukan ke KPU Provinsi kemudian ke KPU Kabupaten. "Sampai saat ini belum ada surat yang masuk," tandas Reni.

Reni menjelaskan berdasar peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 27, disebutkan bagi anggota KPU atau panwas dan jajarannya yang mendaftar Kepala Daerah (kada) dan Wakil Kepala Daerah (Wakada), harus menyampaikan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian pada saat pendaftaran bakal calon.

“SK pemberhentian tersebut dari KPU Provinsi, seharusnya sudah ada pada tanggal 22 Juli mendatang, saat pendaftaran,” ungkap dia.

Ditambahkan Ma'mun Rakhmatullah, Divisi Logistik KPU Kabupaten Magelang, sejauh ini aktivitas kinerja KPU masih berjalan normal, meskipun ketua KPU mengundurkan diri. "Mau tidak mau kami harus siap meski pada akhirnya KPU Kabupaten Magelang hanya dengan empat komisioner," tandas Ma'mun.

Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Glori K. Wadrianto