Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 6,5 Juga Guncang Kepulauan Banda

Kompas.com - 21/12/2016, 09:37 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Gempa tektonik berkekuatan 6,5 magnitudo mengguncang Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (21/12/2016) sekitar pukul 07.17 WIT.

Data yang diperoleh dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Ambon menyebutkan, gempa tersebut berpusat di Laut Banda pada jarak 357 km arah barat laut Kota Saumlaki dengan kedalaman 173 kilometer.

Gempa yang berlokasi di 7,75 Lintang Selatan dan 128,01 Bujur Timur ini tidak berpotensi menimbulkan geombang tsunami.

Dari data yang didapat, gempa tersebut juga tidak menimbulkan kerusakan rumah warga. Meski begitu, warga yang merasakan getaran gempa ikut berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 6,6 Guncang Maluku dan Dirasakan hingga NTT

Dari informasi yang didapat, gempa bumi di Laut Banda ini, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempa bumi menengah sehingga wajar jika guncangannya dirasakan dalam wilayah yang luas.

Gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas Subduksi Banda dengan laju sekitar 20 mm per tahun ke arah barat laut di Cekungan Weber bagian selatan. Cekungan laut dalam di Banda ini populer disebut sebagai zona Deep Weber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com