Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

99 Tempat Prostitusi Harus Sudah Tutup pada 2019

Kompas.com - 03/03/2016, 21:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menargetkan penutupan 99 kompleks lokalisasi secara nasional hingga akhir 2019.

Sebab, pada tahun tersebut, pemerintah mencanangkan Indonesia bebas dari prostitusi.

Sejumlah pemerintah daerah, kata dia, sudah mengagendakan penutupan tempat prostitusi menjelang bulan puasa pada Juni 2016 mendatang, seperti Kota Mojokerto dan Tangerang.  

"Pekan lalu saya ke Kaltim, Gubernur Kaltim dan Bupati Kutai Kartanegara sudah menyiapkan pencanangan penutupan," katanya di Surabaya, Kamis (3/3/2016).

Posisi saat ini, Kalimantan Timur menjadi daerah dengan jumlah kompleks prostitusi terbanyak, yakni di 35 titik. Sebanyak 12 lokasi di antaranya terletak di Kutai Kartanegara.

Beberapa tahun sebelum dia menjabat sebagai menteri sosial, ada 168 kompleks lokalisasi di Indonesia, dan 41 di antaranya berada di Jawa Timur.

"Namun, sekarang Jawa Timur tinggal satu lokasi yang belum ditutup, yakni di Balongcangkring, Kota Mojokerto," ujarnya.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama ini mengatakan, tidak ada yang sulit bagi daerah untuk menutup kompleks lokalisasi. Yang dibutuhkan hanya kekuatan komitmen kepala daerahnya.

"Harusnya tidak ada kendala, yang dibutuhkan hanya strong commitment," ujarnya.

Di Surabaya saja, kata dia, kompleks lokalisasi yang konon pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara bisa ditutup oleh wali kotanya pada 2014 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com