Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Sediakan Rumah Aman bagi Korban KDRT

Kompas.com - 02/09/2013, 14:00 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menyediakan rumah aman untuk korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Banyuwangi, Muhammad Fuah Jiwa, mengatakan kepada Kompas.com, Senin (2/9/2013), selama ini banyak korban KDRT yang merasa tidak nyaman di lingkungannya sehingga perlu alternatif tempat tinggal untuk mereka.

"Rumah aman ini bukan hanya untuk korban kekerasan dalam rumah tangga, tapi juga korban trafficking di Banyuwangi. Untuk tinggal di rumah aman nanti juga akan dikonsultasikan dulu ke pihak keluarga korban, Jika keluarga menyetujui baru korban akan tinggal di rumah aman," ujar dia.

Mohammad Fuah Jiwa juga menjelaskan selama tinggal di rumah aman, para korban KDRT akan didampingi psikolog untuk memulihkan mental dan jiwa korban KDRT.

Berdasarkan data dari Badan Pemberdayaan dan Keluarga Berencana Banyuwangi, jumlah laporan KDRT di tahun 2013 meningkat. Pada tahun 2012 laporan yang masuk 100 kasus, sedangkan hingga Juni 2013 sudah mencapai 60 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com