Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wapres Ma’ruf Sebut Keuangan Syariah Punya Potensi Perkuat Ekonomi Kaltara

Kompas.com - 03/08/2023, 19:33 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah berpotensi besar sebagai sumber pertumbuhan baru yang akan semakin memperkuat ketahanan ekonomi di Kalimantan Utara (Kaltara).

Berdasarkan laporan yang diterima, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara telah menginisiasi program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Salah satunya pelatihan sistem jaminan halal bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan percepatan sertifikasi halal.

Pernyataan tersebut disampaikan Ma’ruf saat mengikuti prosesi pengukuhan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kaltara di Gedung Olahraga Astrada, Kecamatan Sei Nyamuk, Kabupaten Nunukan, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Petani Rumput Laut di Nunukan Ditangkap Polisi karena Cabuli Bocah 10 Tahun, Berawal Saat Korban Buang Hajat

Ma’ruf berharap, terbentuknya KDEKS di seluruh daerah di Indonesia dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

“(Dengan begitu) target menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia dapat terwujud,” katanya ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Ma’ruf mengungkapkan, acara pengukuhan KDEKS Kaltara sangat istimewa. Sebab, kegiatan tersebut dilaksanakan di ujung perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Keistimewaan lainnya adalah Pulau Sebatik telah ditetapkan sebagai Pulau Santri. Ini tentu tidak terlepas dari tradisi keagamaan yang mengakar kuat di dalam masyarakatnya,” kata Ma’ruf.

Baca juga: 6 Tradisi Hari Raya Galungan di Bali, Ada Mengarak Barong

Kehadiran Ma’ruf dalam acara pengukuhan KDEKS di berbagai provinsi di Indonesia merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam melaksanakan akselerasi pengembangan ekosistem syariah.

Sebab, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain global syariah.

Ma’ruf mengatakan, pembentukan KDEKS merupakan salah satu dari 13 program prioritas Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Adapun orang nomor dua di Indonesia ini bertindak sebagai wakil ketua sekaligus ketua harian.

Untuk itu, kehadiran KDEKS di daerah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menjangkau para pemangku kepentingan daerah dan masyarakat setempat untuk menjadi kontributor utama ekosistem syariah di daerah.

Baca juga: Wapres Harap KDEKS Sokong Kebangkitan Maluku Utara sebagai Pusat Rempah

“Sehingga, mata rantai pengembangan ekosistem syariah tidak terputus di pusat atau pemprov, tetapi juga menjangkau ke tingkat masyarakat terdalam,” imbuh Ma’ruf.

Momentum picu semangat pemda

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang mengapresiasi kehadiran Wapres RI Ma’ruf Amin.

Ia mengungkapkan, momentum yang berharga dimaknai oleh semua pengurus KDEKS Kaltara.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com