Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dukung Muara Enim Jadi Lumbung Pangan, Plt Bupati Usmarwi Kaffah Resmikan PPAUK

Kompas.com - 04/05/2023, 19:45 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim, Usmarwi Kaffah mengatakan, pihaknya sangat berkomitmen penuh mendukung program Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kabupaten Muara Enim menjadi lumbung pangan.

Hal tersebut, kata Usmarwi Kaffah, dibuktikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dengan meresmikan Program Kerakyatan Kabupaten Muara Enim, yakni Pusat Percontohan Agribisnis Usaha Kerakyatan (PPAUK) di 22 kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

Peresmian itu ditandai Usmarwi Kaffah dengan penekanan sirine dalam Panen Raya Padi IP 200 di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Muara Enim, Rabu (3/5/2023).

"Untuk itu saya menghimbau jangan menjadi pengganggu. Jadilah pemersatu, jadilah pekerja keras. Mari kita bersama-sama bersatu untuk Muara Enim yang lebih baik lagi," tegas Plt Bupati Usmarwi Kaffah yang meresmikan PPAUK tersebut.

Lebih lanjut, Usmarwi Kaffah mengatakan, peresmian PPAUK ini adalah upaya semua pihak untuk memberikan nilai tambah atau value added terhadap padi yang dipanen. 

Baca juga: Upaya Ahmad Usmarwi Kaffah Membangun Kabupaten Muara Enim, Dongkrak Potensi Sektor Agraria

Dengan begitu, kata dia, maka harga suatu produk yang ada nilai tambahnya tidak akan turun atau anjlok ketika pasokan produk sejenis di pasaran melimpah. 

"Dengan PPAUK ini akan kita sortir kembali, kita ciptakan suatu nilai pokok standar pasti dan tentunya nilai tambah bagi produk unggulan tersebut agar nantinya harga jual produk ini tidak turun dan tentunya menyejahterakan para petani," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (4/5/2023).

Untuk diketahui program PPAUK merupakan usulan dari Staf Khusus Bupati Muara Enim Bidang Pertanian Prof. Dr Fachrurrozie Sjarkowi yang juga merupakan guru besar di Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri) Palembang.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (Kadis TPHP) Muara Enim, Ulil Amri mengatakan, lokasi panen raya adalah sawah milik Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Cahaya Bintang.

"Lahan seluas 132 hektar (ha) ini berada pada hamparan sawah Lecah Paye dengan total sawah keseluruhan kurang lebih 700 ha yang mana per-satu hektarnya dapat menghasilkan 11,04 ton padi sekali panen," kata Ulil Amri.

Baca juga: Dilantik Jadi Wabup Muara Enim, Usmarwi Kaffah Langsung Jabat Plt Bupati

Sebelumnya, Plt Bupati Muara Enim yang hadir bersama Unsur Forum Komunikasi Piminan Daerah (Forkopimda) dan Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah meninjau stan dari 22 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim yang menampilkan produk-produk unggulan komoditi agribisnis dari daerahnya masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com