Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Medan Masuk Daftar Kota Pintar Dunia 2023, Kalahkan Athena dan Roma

Kompas.com - 10/04/2023, 20:00 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kota Medan berhasil masuk daftar Indeks Kota Pintar (Smart City Index) 2023. Dari 141 kota di seluruh dunia yang diteliti, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini menempati urutan ke-112.

Catatan prestasi tersebut terungkap setelah IMD World Competitiveness Center merilis melalui Smart City Index (SCI) Report 2023.

Selain Kota Medan, terdapat dua kota di Indonesia yang masuk dalam daftar kota pintar dunia, yakni Jakarta (urutan 102) dan Makassar (urutan 114).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Kota Medan masuk dalam daftar kota pintar dunia karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sanitasi dasar.

Baca juga: Bupati Zaki Terima Delegasi AS yang Tinjau Program Sanitasi dan Air Minum di Tangerang

Selain itu, Kota Medan diketahui memiliki layanan daur ulang yang memuaskan.

Tak hanya itu, Kota Medan juga dinilai memiliki fasilitas transportasi publik yang baik, mempermudah layanan akses informasi pemerintah daerah (pemda), serta mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan yang memuaskan.

Penilaian terhadap Kota Medan tersebut sama dengan penilaian terhadap Jakarta yang berhasil masuk dalam daftar kota pintar dunia.

Sementara itu, Kota Makasar layak menjadi daftar kota pintar dunia karena dinilai memiliki akses informasi terhadap keputusan pemda, mampu mengatur janji temu medis secara daring, serta kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan secara daring.

Baca juga: Jadwal Penjualan Tiket Konser Suga, Catat Tanggalnya

Untuk diketahui, keberhasilan Kota Medan masuk dalam kota pintar dunia berhasil mengalahkan Kota Athena (Yunani) dan Roma (Italia).

Berdasarkan data yang dirilis Smart City Index tersebut, Athena berada di urutan 113 dan Roma di posisi 122.

Sementara untuk urutan pertama diraih oleh Kota Zurich (Swiss), Kota Oslo (Norwegia) pada urutan kedua, dan Kota Canberra (Australia) menempati peringkat ketiga.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com