Kasus Suap PMB Unila, KPK Periksa 10 Saksi di Polda Lampung Termasuk 2 Wakil Rektor

Kompas.com - 16/09/2022, 17:12 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 10 orang saksi diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Polda Lampung.

Pemeriksaan saksi pada Jumat (16/9/2022) ini untuk tersangka Rektor Universitas Lampung (Unila) nonaktif Karomani terkait kasus suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri.

Juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan pemeriksaan dilakukan di Polda Lampung dengan memanggil 10 orang saksi, dua diantaranya Wakil Rektor Unila.

Baca juga: Periksa 5 Dekan Unila, KPK Dalami Dugaan Aliran Suap ke Rektor Karomani

"Hari ini pemeriksaan saksi TPK suap oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya terkait penerimaan calon mahasiswa baru pada Universitas Lampung tahun 2022, untuk tersangka KRM (Karomani)," kata Ali Fikri dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Jumat.

Menurut Ali Fikiri, saksi yang dipanggil untuk menjalani pemeriksaan yaitu dua orang wakil rektor yaitu Yulianto (wakil rektor III) dan Asep Sukohar (wakil rektor II).

Kemudian tiga orang dekan, Ida Nurhaida (Dekan Fisip), Nairobi (Dekan FEB), dan Suripto Dwi Yuwono (Dekan FMIPA).

Lalu dua orang pihak internal Unila yakni Fajar Pamukti (honorer) dan Hendri Susanto (panitia pengelolaan).

Sedangkan tiga orang saksi lainnya adalah dr Ruskandi (dokter), Enung Juhartini (perawat Puskesmas Terminal Rajabasa) dan Antonius Feri (swasta).

Ali Fikri menambahkan, sebelumnya pada Kamis (15/9/2022) penyidik KPK juga telah melakukan pemeriksaan terhadap delapan orang saksi untuk tersangka Rektor Unila nonaktif Karomani.

Menurut Ali Fikri para saksi diperiksa terkait posisi dan kewenangan dari Karomani dalam pelaksanaan proses seleksi mahasiswa baru di seluruh fakultas di Unila.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.