KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Dukung Gagasan Sri Sultan, Ganjar Minta Warga Jateng Kumandangkan "Indonesia Raya"

Kompas.com - 19/05/2021, 19:26 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan dukungannya terhadap gagasan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang mengajak seluruh warga menyanyikan lagu "Indonesia Raya" saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei besok.

Hal tersebut diungkapkan Ganjar dalam video singkat yang diunggah di kanal YouTube pribadinya yaitu "Ruang Ganjar", Rabu (19/5/2021).

“Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini dan insya Allah juga akan kita lakukan di Jawa Tengah,” tuturnya.

Ganjar mengajak masyarakat Jateng untuk bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya tepat pada pukul 10.00 WIB di Hari Kebangkitan Nasional besok.

“Sri Sultan mengajak kita untuk merasakan perjalanan Indonesia lewat lagu kebangsaan kita. Ini adalah momen yang sangat tepat untuk kita memompa lagi spirit kenegaraan kita,” katanya.

Ganjar menegaskan, semua elemen masyarakat harus menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak. Baik itu masyarakat yang berada di perkantoran, rumah, maupun sekolah.

Tidak hanya sekedar menyanyikan saja, tapi Ganjar juga meminta agar masyarakat menghayati setiap kata dari syair lagu Indonesia Raya.

Menurutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat menjadi wujud dari upaya masyarakat untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa.

Pasalnya, para leluhur bangsa Indonesia sudah menyuarakan berdirinya negara dengan gagah dan berani, bahkan ketika mayoritas masyarakat belum mengerti apa itu negara.

Lebih lanjut, Ganjar ingin agar agenda mengumandangkan lagu Indonesia Raya tidak hanya dilakukan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional saja, tapi bisa dilanjutkan di hari lainnya.

Hal itu dilakukan dengan harapan agar spirit nasionalisme masyarakat semakin tumbuh, hingga akhirnya dapat memperkuat kesadaran akan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Selain itu juga penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan di antara kita,” ujar Ganjar, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Ia berharap, laku mengumandangkan Indonesia Raya tersebut dapat menambah kewarasan masyarakat dan kewarasan negara.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com