KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Berkat Ganjar Pranowo, Dusun Girpasang Kini Diserbu Wisatawan

Kompas.com - 19/05/2021, 11:18 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Desa Tegalmulyo, Kabupaten Klaten Sutarno menyebut bahwa wisata di Dusun Girpasang saat ini diserbu wisatawan dari berbagai daerah.

Berkat hal itu, kata dia, warga merasa senang dan ekonomi bertumbuh. Bahkan, saat ini Desa Tegalmulyo telah ditetapkan sebagai desa wisata.

“Semenjak dikunjungi Pak Gubernur saat Idul Adha kemarin memang banyak perubahan. Kalau dulu warga Dusun Girpasang masih tinggal di rumah tak layak huni, sekarang sudah direnovasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (19/5/2021).

Ia menerangkan, dalam satu hari, tak kurang dari 200 wisatawan datang mengunjungi Dusun Girpasang.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Sekitar Bendungan Kendalsari, Ada Dusun Girpasang

Pada akhir pekan sebelum Ramadhan, jumlah pengunjung bahkan mencapai 600 sampai 700 orang per hari.

“Sudah terasa dampaknya bagi kemajuan warga kami. Beberapa warga bahkan sangat bersemangat untuk menjadikan kawasan ini menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sebagai informasi, kepopuleran Dusun Girpasang bermula dari pemberitaan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat membagikan daging kurban pada Agustus 2020 lalu.

Saat itu, ia harus naik turun lembah dengan kedalaman lebih dari 150 meter (m) untuk mengantarkan daging kurban kepada warga yang tinggal di dusun terpencil itu.

Baca juga: 9 Tips Wisata ke Dusun Girpasang Klaten, Sewa Jasa Pemandu Lokal

Meski kepayahan, rasa lelah Ganjar terbayar saat menyaksikan pemandangan spektakuler Dusun Girpasang.

Menurutnya, dusun tersebut memiliki potensi besar untuk dikelola menjadi destinasi wisata baru di Jateng.

“Ini bagus, saya melihat potensi yang bisa dikembangkan untuk destinasi wisata unggulan. Ini keren, lho,” kata Ganjar kala itu.

Untuk mewujudkan ide itu, ia pun meminta kades setempat bergerak agar menjadikan Dusun Girpasang sebagai destinasi wisata baru. Bahkan, kades juga diminta untuk menggandeng universitas atau anak muda kreatif untuk membangun dusun.

Baca juga: 8 Pesona Dusun Girpasang di Klaten, Naik Gondola sampai Trekking

“Kearifan lokal, budaya, dan suasana ada semua. Ini unik dan menarik. Pasti bagus kalau dikelola dan dipasarkan kepada wisatawan,” imbuhnya.

Sutarno menjelaskan, tidak sampai satu tahun pascakunjungan Ganjar, Dusun Girpasang kini telah banyak bersolek.

Hal itu terbukti dari adanya gondola kaca yang aman untuk mengangkut warga ke sana. Dengan kendaraan ini, warga pun tak perlu repot berjalan kaki selama berjam-jam di sepanjang lembah untuk melakukan hal-hal mendesak.

“Pengadaan gondola ini dilaksanakan Pemerintah Desa Tegalmulyo menggunakan anggaran desa dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat,” kata Sutarno.

Baca juga: Resmi! Ada Gondola Baru untuk Wisatawan di Dusun Girpasang Klaten

Ia melanjutkan, selain menikmati pemandangan Merapi dan menaiki gondola dengan ketinggian lebih dari 150 m, wisatawan juga bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak yang meliuk-liuk di dasar jurang .

Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa mengunjungi kafe-kafe kekinian yang menawarkan pemandangan eksotis Girpasang.

Selain menyuguhkan pemandangan indah, beberapa kafe juga menyediakan spot foto yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com