Ini yang Dilakukan Eri Cahyadi untuk Pembangunan Surabaya hingga 5 Tahun ke Depan

Kompas.com - 31/03/2021, 20:42 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi KOMPAS.COM/GHINAN SALMANWali Kota Surabaya Eri Cahyadi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memiliki visi-misi yang terbagi dalam 5 poin untuk membangun Kota Surabaya selama 5 tahun ke depan.

Menurut Eri, dalam membangun sebuah kota, prinsipnya adalah keterlibatan warga dan gotong-royong warganya, itu bisa membawa Surabaya menjadi kota yang hebat.

"Makanya, ketika saya sudah memaparkan visi-misi saya ke depan, saya harapkan teman-teman PWI Jatim bisa ikut mengawal ini, karena Insya Allah tidak ada pemerintahan yang sempurna, bisa sempurna jika masyarakatnya ikut menjadi bagian dalam pembangunan, sehingga kalau ada yang salah bisa diingatkan," kata Eri, usai menghadiri acara ‘Diskusi Hari Pers Nasional 2021, Membangun Surabaya 5 Tahun ke Depan’ yang digelar oleh PWI Jawa Timur, Rabu (31/3/2021).

Pada kesempatan itu, Eri juga menuturkan tentang visi-misi pembangunan Surabaya lima tahun ke depan.

Baca juga: Pemkot Surabaya Rilis Aplikasi WargaKu, Warga Bisa Laporkan Keluhan Terkait Pelayanan, Ini Fiturnya...

Ia memastikan visinya adalah gotong royong menuju Surabaya kota dunia yang maju, humanis, dan berkelanjutan.

"Setidaknya ada lima misi yang akan saya lakukan ke depan," ujar dia.

Misi yang pertama adalah mewujudkan perekonomian inklusif untuk meningkatkan  kesejahteraan rakyat dan pembukaan lapangan kerja baru melalui penguatan kemandirian ekonomi lokal, kondusifitas iklim investasi, penguatan daya saing Surabaya sebagai pusat penghubung perdagangan dan jasa antar pulau serta internasional.

Misi kedua adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, sehat jasmani dan rohani, produktif, serta berkarakter melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Misi ketiga adalah memantapkan melalui ketersediaan infrastruktur dan utilitas kota yang  modern berkelas dunia serta berkelanjutan.

Keempat adalah memantapkan transformasi birokrasi yang bersih, dinamis, dan tangkas berbasis digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kelima adalah menciptakan ketertiban, keamanan, kerukunan sosial, dan kepastian hukum yang berkeadilan.

"Jadi, tujuan saya hanya satu bagaimana menyejahterakan warga Surabaya. Makanya, boleh dibilang saya saat ini bergerak habis-habisan untuk menyejahterakan dulu masyarakat Surabaya," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X