Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Nelayan Tenggelam Tergulung Ombak, 1 Orang Selamat, 1 Lainnya Hilang

Kompas.com - 21/02/2021, 19:32 WIB
Hendra Cipta,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEMPAWAH, KOMPAS.com - Sebuah kapal nelayan dilaporkan tenggelam setelah tergulung ombak di perairan laut Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (20/2/2021) malam.

Di dalam kapal tersebut berisi 2 orang nelayan. Satu orang nelayan bernama Bachtiar berhasil diselamatkan kapal nelayan pencari cumi, sedangkan satu nelayan lain bernama Abdul Karim (70) masih dalam pencarian.

Keduanya merupakan warga Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

"Di dalam kapal tersebut terdapat 2 orang nelayan. Satu orang berhasil diselamatkan oleh kapal pencari cumi saat sedang melintas dan satu nelayan lainnya sekarang dalam pencarian tim gabungan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan  (Basarnas) Pontianak Yopi Haryadi melalui keterangan tertulisnya, Minggu (21/2/2021) siang.

Baca juga: Angkut 40 Wisatawan, Sebuah Kapal Tenggelam di Danau Koto Panjang, 1 Penumpang Tewas

Kapal tersebut diduga tenggelam karena ombak pada Sabtu malam, pukul 23.35 WIB. Yopi menerangkan, pencarian akan dilakukan oleh kapal penyelamat (rescue boat 214), yang kebetulan berada di lokasi kejadian.

"Pencarian sudah dilakukan, kapal kami (rescue boat 214) yang sebelumnya melakukan pencarian terhadap korban hilang juga yang berada di sekitar lokasi tenggelam," ujar Yopi.

Sementara itu, Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasat Polair Iptu Andi Rahmat mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi pada Minggu, sekitar pukul 04.30 WIB.

Menindaklanjuti informasi itu, kepolisian melakukan pengecekan ke rumah keluarga nelayan yang hilang.

Baca juga: Jenazah Korban Kapal Tenggelam di NTT Kembali Ditemukan, Total 4 Orang Tewas

Andi menerangkan, kedua nelayan itu berangkat ke laut pada Selasa (16/2/2021) dan merencanakan kembali Sabtu malam.

"Rekannya sesama nelayan sempat bertemu dengan kedua korban ini. Diduga kecelakaan terjadi ketika kedua korban ini dalam perjalanan pulang,” kata Andi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com