Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari 2 Bencana Puting Beliung, Sejumlah Rumah dan Bangunan Rusak

Kompas.com - 04/02/2021, 20:18 WIB
Ahmad Faisol,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Angin puting beliung merusak sejumlah rumah di Kabupaten Probolinggo.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Aries Setiyawan mengatakan, pada Rabu (3/2/2021) terjadi dua puting beliung di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Aries menuturkan, pada Rabu (3/2/2021) sekitar jam 15.50 WIB, puting beliung terjadi di Dusun krajan I dan Dusun Krajan II Desa Jorongan, Kecamatan Leces.

Baca juga: Gedung SMPN 5 Lamba Leda Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

"Di desa yang terkena angin puting beliung tersebut, ada empat rumah warga yang rusak ringan maupun berat serta satu gudang kerajinan rusak berat," kata Aries, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Tak selang beberapa lama dari puting beliung di Kecamatan Leces, terjadi puting beliung lagi di Dusun Bintaosan, Desa Kropak, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, sekitar jam 16.00 WIB.

"Jadi, setelah di Kecamatan Leces, 10 menit kemudian terjadi kembali puting beliung di Kecamatan Bantaran," ujar dia.

Dalam kejadian di Kecamatan Bantaran tersebut, ada empat rumah yang rusak ringan maupun berat serta satu kandang sapi roboh.

Baca juga: Bupati Terpilih Sabu Raijua Berstatus Warga AS, KPU: Saat Daftar Pilkada Menyerahkan KTP Kupang

"Diketahui dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, jadi hanya rumah warga saja yang mengalami kerusakan," kata dia.

Dari kejadian tersebut, lanjut Aries, BPBD menurunkan tim PUSDALOPS PB untuk mencari informasi dan berkoordinasi dengan petugas yang berada di dekat lokasi kejadian serta 4 personel TRC PB mendatangi lokasi kejadian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com