Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75 Karyawan Reaktif Covid-19, Toko Pakaian di Purwokerto Tutup Sementara

Kompas.com - 12/01/2021, 11:34 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Toko pakaian Duta Mode di kawasan Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup sementara.

Pasalnya sebanyak 75 karyawan di toko tersebut dinyatakan reaktif Covid-19 setelah menjalani tes cepat antigen secara mandiri.

Salah seorang staf Duta Mode Rudi Untung mengatakan, penutupan dilakukan selama tiga hari, mulai Senin (11/1/2021) hingga Rabu (13/1/2021) besok.

"Sesuai arahan Sekda dan Dinkes kita tutup tiga hari, ini hari kedua. Besok akan dilakukan sterilisasi lagi secara mandiri," kata Rudi kepada wartawan di sela kegiatan sterilisasi oleh petugas BPBD, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: PPKM Kota Magelang, Pengunjung Mal Dibatasi Sampai Hajatan Tak Boleh Prasmanan

Rudi menjelaskan, awalnya pada hari Sabtu (9/1/2021) salah seorang karyawan melaporkan reaktif Covid-19 setelah menjalani tes cepat secara mandiri.

"Kami laporkan kepada pimpinan, kemudian (diputuskan) secara mandiri melakukan rapid test antigen kepada seluruh karyawan, dari 195 orang, hasinya 75 reaktif," jelas Rudi.

Rudi mengatakan, 75 karyawan yang positif kini dalam kondisi baik.

"Kondisinya tanpa gejala semua, baik-baik saja, tidak ada yang sakit. Sudah kami laporkan ke Dinkes dan sudah ditangani," ujar Rudi.

Baca juga: Tak Ada Ambulans, Jenazah Ditandu Pakai Sarung dan Bambu Puluhan Kilometer di Tengah Malam

Sementara itu Kepala Dinkes Banyumas Sadiyanto mengatakan, akan melakukan tes swab PCR kepada 75 karyawan tersebut.

"Kami swab mulai hari ini, kami tugaskan Puskesmas (untuk melakukan swab) sesuai alamat masing-masing. Saat ini semuanya isolasi mandiri," kata Sadiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com