Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Puting Beliung Terjang 4 Kecamatan di Sumbawa, Puluhan Rumah Rusak, 3 Warga Terluka

Kompas.com - 09/11/2020, 23:49 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di empat kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Senin (9/11/2020).

"Terdapat puluhan rumah dan fasilitas publik rusak serta tiga orang korban luka-luka," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, A Rahim, dikutip dari Antara, Senin.

Ia menyebutkan, empat kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Alas Barat terdiri dari 12 rumah, satu sekolah (SMAN 1 Alba) dan satu puskesmas di Desa Lekong, 23 rumah di Desa Usar Mapin, 30 rumah di Desa Labuhan Mapin, 17 rumah di Desa Gontar, serta 15 rumah, satu masjid, satu mushalla di Desa Gontar Baru. Bahkan di Desa Usar Mapin terdapat dua rumah roboh.

Baca juga: Beredar Pesan dan Foto Pesawat Hercules Bawa 100 TNI Jatuh di Papua, Danlanud: Hoaks!

Kemudian di Kecamatan Alas angin puting beliung menyebabkan Kantor Desa Marente roboh bagian depan.

Di Kecamatan Buer satu rumah roboh, tiga rumah atap terangkat angin, satu rumah miring, dan enam rumah mengalami kerusakan dinding.

Sedangkan di Kecamatan Labuhan Badas terdapat beberapa rumah rusak.

Baca juga: Penuhi Nazar, Kades Ini Potong Rambut Nyentrik Bergaya Mohawk, Anak Istri Berang

Selain rumah dan fasilitas publik yang mengalami kerusakan ringan hingga berat, juga terdapat sejumlah korban di Kecamatan Alas, yakni tiga korban luka-luka, di mana dua di antaranya anak berusia delapan tahun.

"Korban luka tiga orang, termasuk dua orang anak usia delapan tahun cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. Musibah ini terjadi ketika sedang berlangsung pembagian BST dari Kantor Pos di Kantor Desa Marente," ujar dia.

BPBD Sumbawa tengah melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini.

Pihaknya juga menyiagakan personel untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi. Termasuk mempersipakan logistik untuk didistribusikan ke korban bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com