Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh Saat Naik Gunung Slamet, Pendaki Asal Jakarta Dievakuasi Tim SAR

Kompas.com - 02/11/2020, 13:02 WIB
Iqbal Fahmi,
Khairina

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Seorang pendaki asal Jakarta terpaksa dievakuasi saat mendaki Gunung Slamet via jalur Bambangan, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (1/11/2020) malam.

Pendaki bernama Mauludin Saputra (17) terjatuh hingga mengalami cedera pada kaki saat turun dari pos enam.

"Rombongan mulai pendakian hari Sabtu (31/10/2020), Basecamp mendapat info sekitar pukul 17.30 WIB saat posisi turun,” kata Kepala Pos Pendakian Gunung Slamet via Bambangan, Saiful Amri saat dikonfirmasi Senin (2/11/2020).

Baca juga: Tinggalkan Rekan yang Sedang Sakit, 7 Pendaki Disanksi di Gunung Slamet

Setelah melakukan verifikasi data, tim SAR langsung diterjunkan untuk mengevakuasi survivor. Saat tim SAR bergerak menuju lokasi, pendaki ternyata sudah berada di pos tiga.

“Survivor masih bisa berdiri tapi susah untuk berjalan, sampai di pos tiga dengan dipapah sama temannya,” ujarnya.

Saiful mengungkapkan, kondisi medan licin karena hujan dan korban terjatuh cukup keras. Akibatnya, pendaki yang memiliki riwayat cedera di lutut ini kembali mengalami dislokasi.

Survivor akhirnya dievakuasi menggunakan tandu untuk mempercepat perjalanan sekaligus untuk mengantisipasi luka semakin parah.

“Kami mengimbau kepada pendaki untuk lebih berhati-hati, kondisi cuaca di Slamet saat ini lebih banyak hujan, persiapkan kondisi tubuh dan perlengkapan dengan matang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com