Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Penampakan Wajah Paslon di Surat Suara Pilkada Cianjur 2020

Kompas.com - 26/10/2020, 14:29 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, telah menerbitkan surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil Cianjur yang akan dihelat pada 9 Desember mendatang.

Komisioner KPU Cianjur Rustiman menyebutkan, pihaknya akan segera menyosialisasikan surat suara yang masih berupa spesimen atau sampel tersebut kepada masyarakat.

"Sebelumnya spesimen surat suara ini telah ditandatangani keempat paslon. Namun, ada sedikit edit di foto para calon terkait background atau latar yang harus merah-putih," kata Rustiman saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Keracunan Jamur Balado, Satu Keluarga di Cianjur Dilarikan ke Puskesmas

Disebutkan, desain surat suara tersebut telah dikirim ke KPU pusat untuk dicetak sebagai logistik Pilkada Cianjur 2020 oleh pihak ketiga selaku pemenang tender.

"KPU Cianjur akan menerima 1.631.564 lembar surat suara. Jumlah itu berdasarkan dari jumlah daftar pemillih tetap ditambah 2,5 persen untuk setiap TPS sebagai cadangan," ujar dia.

Dikatakan Rustiman, tambahan sekitar 2,5 persen itu bisa dipakai apabila ada surat suara yang rusak atau untuk pemilih yang masuk daftar pemilih khusus.

"Kebijakan itu diatur dalam Pasal 87 Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Pilkada," ucapnya.

Baca juga: BPBD Cianjur Catat 115 Bencana Alam Sepanjang Tahun Ini

Penampakan Foto Paslon

Dalam sampel surat suara itu, pasangan nomor urut 01 Moch Toha-Ade Sobari dan nomor urut 03 Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin kompak mengenakan kemeja putih-putih.

Kecuali Ade Sobari, para calon mengenakan peci hitam.

Sementara itu, paslon nomor urut 02 Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan kompak memakai kemeja batik dengan paduan peci hitam.

Sedangkan paslon nomor urut 04 Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja tampil elegan dengan setelan jas lengkap tanpa peci.

Rencananya, kertas suara yang berukuran 36x23 centimeter itu akan dicetak dalam kertas glossy.

"Nanti dari pihak ketiga akan langsung didroping ke sini. Namun, belum tahu kapannya. Sekarang informasinya masih proses pencetakan," kata Rustiman.

Baca juga: Kronologi Mobil Pengangkut 40 Tabung Gas Terbakar di SPBU Cianjur, Terdengar Suara Ledakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com