Dinkes Solo Kesulitan Tracing Kontak Pedagang Soto yang Tertular Covid-19 dari Pelanggan

Kompas.com - 16/10/2020, 23:00 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Tengah, kesulitan untuk melakukan tracing kontak pedagang warung soto yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Pedagang warung soto di Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres tersebut tertular virus corona dari pelanggannya.

"Belum ada yang lapor sampai sekarang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih di Solo, Jawa Tengah, Jumat (16/10/2020).

Padahal, pascahasil swab pedagang keluar dinyatakan positif Covid-19, warung soto tersebut ditutup dimulai 8 Oktober 2020.

Baca juga: Kontak dengan Keluarga Nakes yang Positif Covid-19, 6 Warga Solo Terinfeksi

Meski ditutup, pihaknya memasang papan pengumuman bagi pelanggar yang makan soto di warung tersebut pada 1-8 Oktober 2020 untuk menghubungi Kelurahan Kepatihan Kulon dan Puskesmas Purwodiningratan.

"Mungkin masyarakat tidak baca papan pengumuman. Tapi namanya soto biasanya lengganan," terang dia.

Di samping memasang papan pengumuman di warung soto supaya pelanggan yang makan soto melapor, pihaknya juga telah menyosialisasikan melalui kelurahan dan puskesmas.

"Sosialisasi lewat kelurahan juga sudah kita lakukan. Tapi belum ada yang lapor. Ini penting untuk tracing," ungkap Siti.

Belum adanya laporan masuk tersebut, Siti mengusulkan rumah makan harus ada buku tamu dengan disertai nomor telepon yang bisa dihubungi.

Sehingga apabila ada rumah makan yang terindikasi tertular Covid-19 bisa memudahkan dalam melakukan tracing kontak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X