Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poso Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Kompas.com - 16/10/2020, 21:49 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com-Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dilanda tanah longsor di sejumlah titik yang mengakibatkan akses ke beberapa kecamatan putus.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Poso, Yan Guluda, mengatakan terdapat lima titik longsor yang terjadi pada Kamis (15/10/2020) malam di sepanjang jalan antara Desa Tangkura dan Desa Sangginora, Kecamatan Lore Peore.

Dia mengetahui adanya longsor setelah mendampingi Penjabat Bupati Poso Arfan bersama rombongan saat menghadiri peresmian gereja di Desa Watutau, Kecamatan Lore Peore (Napu), tapi batal akibat tertahan longsor di Desa Tangkura.

Baca juga: 150 Prajurit TNI yang Dikirim ke Poso untuk Buru Kelompok Mujahidin Pernah Bertugas di Papua, Aceh, dan Timor Timur

Rencananya peresmian itu akan dilakukan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

"Saya tidak jadi ke Napu, tapi saya sudah kunjungi titik longsor itu, dan rombongan bupati batal ke Napu langsung balik kembali ke Poso," kata Yan Guluda, Jumat (16/10/2020) seperti dilansir Antara.

Longsor terjadi di lima titik sepanjang jalan antara Desa Tangkura dan Desa Sangginora setelah beberapa hari diguyur hujan.

Yan telah menghubungi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulteng untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

"Kalau saya pantau di lapangan, jalan longsor hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dengan cara didorong. Saya sudah hubungi dinas PU provinsi, sebab itu jalan provinsi bukan Kabupaten Poso," katanya.

Selain longsor, sebagian wilayah Poso juga dilanda banjir.

"Meskipun tidak separah banjir tahun lalu, namun pihak Pemkab Poso telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir," katanya.

Baca juga: Memburu Kelompok Teroris MIT di Poso, Kapolda Sulteng: Ada di Hutan Pegunungan

Sementara itu Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, Musdar mengatakan terkait jalan longsor itu pihaknya telah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan, selain longsor banjir juga melanda Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, dan Kelurahan Sayo, Kecamatan Lage.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com