"Uang Itu Bukan Mahar untuk Rekomendasi Partai, tapi Persiapan Kebutuhan Kampanye"

Kompas.com - 11/09/2020, 07:58 WIB
Tangkapan Kayar video yang berjudul NGERI.... CALON BUPATI MERAUKE HENDRIKUS MAHUZE SUAP PKS MILIARAN RUPIAH.... DEMI MENDAPATKAN SUR yang beredar di kanal youtube, Jayapura, Papua, Rabu (9/9/2020) KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDITangkapan Kayar video yang berjudul NGERI.... CALON BUPATI MERAUKE HENDRIKUS MAHUZE SUAP PKS MILIARAN RUPIAH.... DEMI MENDAPATKAN SUR yang beredar di kanal youtube, Jayapura, Papua, Rabu (9/9/2020)

KOMPAS.com - Bakal calon bupati Merauke Hendrikus Mahuze angkat bicara terkait video pemberian sejumlah uang kepada pihak yang diduga pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang viral di media sosial.

Hendrikus membenarkan keaslian video tersebut. Dirinya memberikan sejumlah uang kepada pengurus partai.

Tetapi, uang itu bukan mahar politik untuk mendapatkan rekomendasi partai seperti yang dituding sejumlah pihak.

"Uang itu bukan uang mahar atau sogokan untuk mendapatkan rekomendasi partai, melainkan uang itu untuk persiapan kebutuhan kampanye kami nantinya," kata Hendrikus di Jayapura, Rabu (9/9/2020) malam.

Saat ditanya tentang jumlah uang yang diberikan, Hendrikus tak menjawab dengan pasti.

"Sekitar Rp 1 miliar," kata dia.

Baca juga: Penjelasan Cabup Merauke yang Beri Uang Rp 1 M kepada PKS: Itu Bukan Mahar...

Bukti keseriusan

Hendrikus menegaskan, uang itu diberikan untuk menunjukkan keseriusan niat pasangan Hendrikus Mahuze-Edy Santosa maju di Pilkada Merauke 2020.

Uang sekitar Rp 1 miliar itu membuktikan dirinya siap menang di Pilkada Serentak 2020.

Ia pun membeberkan alasan mengeluarkan uang tersebut. Berdasarkan pengalaman, partai pengusung kerap kecewa dengan calon yang diusung.

Alasannya, pasangan calon tak memiliki kemampuan finansial untuk menyediakan alat peraga.

"Kami siapkan sejak dini untuk persiapan kampanye agar tidak mejadi kendala kemudian hari, tidak mungkin kita berutang untuk alat peraga kampanye nantinya," kata Hendrikus.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X