Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Papua: Selamat Jalan Tokoh Pers Nasional Jakob Oetama

Kompas.com - 10/09/2020, 16:12 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyampaikan rasa dukanya atas kepergian pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama.

Dalam usia 88 tahun, Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, pada Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.

"Selamat jalan tokoh pers nasional Jakob Oetama, dunia pers Indonesia tidak akan seperti saat ini tanpa ada peran beliau," ujar Paulus, di Jayapura, Kamis (10/9/2020).

Baca juga: Sampaikan Belasungkawa, Sultan HB X: Jakob Oetama Sosok yang Punya Pengaruh Besar

Paulus memandang, keberhasilan Jakob Oetama membangun Kompas Gramedia membawa warna tersendiri bagi pemberitaan media massa, terutama dengan prinsip jurnalistik positifnya.

Apa yang dilakukan Jakob Oetama semasa hidupnya, kata Paulus, dibuat untuk kepentingan orang banyak dan hal tersebut patut diteladani.

"Seorang tokoh nasional, pendiri media yang kami kenal sangat luar biasa, beliau sangat nasionalis dan berjuang untuk bangsa ini," tutur dia.

Baca juga: Putra Jakob Oetama: Biarlah Semua Ucapan, Tulisan, Nasihat Bapak Jadi Warisan, Spirit, dan Roh Kehidupan Selanjutnya


Seperti diketahui, pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Jakob Oetama wafat diusia 88 tahun karena menderita gangguan multiorgan.

Usia sepuh kemudian memperparah kondisi Jakob hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com