Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagar Alam Habitat Satwa Komodo Terbakar, Pemadaman Masih Dilakukan

Kompas.com - 13/08/2020, 23:12 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com - Kawasan Cagar Alam Wae Wuul yang terdapat habitat komodo (Varanus komodoensis) di Desa Macan Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, terbakar pada Kamis (13/8/2020) malam.

“Ya betul, ada kebakaran di Cagar Alam Wae Wuul di Manggari Barat. Saat ini masih dilakukan upaya pemadaman di lapangan dengan ekstra waspada,” kata Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Timbul Batubara, seperti dilansir dari Antara, Kamis.

Baca juga: Sejak Pariwisata Dibuka, 2.500 Orang Datangi Bali Tiap Hari

Informasi mengenai peristiwa kebakaran Cagar Alam Wae Wuul ini diperolehnya sekitar Pukul 22.00 Wita.

Berdasarkan informasi dari lapangan, kata dia, titik api yang muncul berada di wilayah Wingkol, bagian barat kawasan cagar alam tersebut.

Penyebab kebakaran saat ini belum diketahui karena hanya bisa dipastikan setelah dilakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket).

Baca juga: Warganya Sakit Makan Daging Busuk BPNT, Kepala Desa Ngamuk Buang Daging di Jalan

“Sementara, petugas dari pemadam kebakaran kabupaten masih sibuk melakukan pemadaman dan setelah itu baru mereka pulbaket untuk diketahui penyebabnya,” kata dia.

Ia menambahkan, kawasan Cagar Alam Wae Wuul dengan luas sekitar 3.000 hektare ini merupakan habitat satwa purba komodo maupun rusa, babi, kuda liar, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com