Akses Terlalu Ektrem, Petugas TNI di Rokan Hulu Padamkan Karhutla secara Manual

Kompas.com - 09/08/2020, 19:52 WIB
Personel Koramil 02/Rambah saat melakukan pemadaman karhutla dengan menggunakan batang kayu di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul, Riau, Minggu (9/8/2020). Dok. Koramil 02/RambahPersonel Koramil 02/Rambah saat melakukan pemadaman karhutla dengan menggunakan batang kayu di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul, Riau, Minggu (9/8/2020).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sejumlah personel TNI AD dari Koramil 02/Rambah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Minggu (9/8/2020) pagi.

Pemadaman titik api terpaksa dilakukan secara manual, karena akses ke lokasi terlalu ekstrem sehingga peralatan pemadam seperti mesin pompa sulit untuk diangkut.

Babinsa Koramil 02/Rambah Sersan Kepala (Serka) Sunardi mengatakan, pemadaman dilakukan menggunakan batang kayu.

"Kami terpaksa menggunakan batang kayu untuk memadamkan api," akui Sunardi kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApps, Minggu.

Baca juga: Polri Sebut Sudah Ada 96 Orang dan 2 Perusahaan yang Ditetapkan Jadi Tersangka Karhutla

Dia menjelaskan, lokasi kebakaran hutan berada di areal perbukitan di perbatasan Desa Marga Mulya dengan Desa Sei Salak, Kecamatan Rambah Samo, Rohul.

Jarak dari markas Koramil 02/Rambah ke lokasi titik api lebih kurang 19 kilometer.

Akses ke lokasi hanya bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor.

Karena itulah, petugas tak bisa membawa peralatan pemadam.

"Lokasi kebakaran berada di atas perbukitan. Akses ke sana sangatlah ekstrem," sebut Sunardi.

Baca juga: Penegakan Hukum Kasus Karhutla Hanya Menyasar Masyarakat Kecil

Menurutnya, sumber air sulit ditemukan jika diusahakan membawa mesin pompa air.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X