Kereta Api Pariwisata Kembali Dioperasikan, Perhatikan Ketentuannya

Kompas.com - 05/08/2020, 17:28 WIB
Suasana di dalam kereta pariwisata. Saat ini kereta tersebut kembali dioperasikan, setelah tiga bulan sebelumnya dihentikan karena pandemi Covid-19. Dok PT KAWISATASuasana di dalam kereta pariwisata. Saat ini kereta tersebut kembali dioperasikan, setelah tiga bulan sebelumnya dihentikan karena pandemi Covid-19.

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) mengoperasikan kembali kereta wisata tematik pola carter untuk rombongan.

Sebelumnya PT KAI juga mengoperasikan kembali kereta wisata priority untuk perorangan relasi Gambir– Bandung yang dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan mulai 2 Agustus 2020.

“Kereta pariwisata tersebut beberapa bulan ini berhenti beroperasi karena mewabahnya virus corona (Covid-19),” ujar Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata), Totok Suryono di Bandung, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: KAI Beri Diskon Tiket Kereta Api Jarak Jauh Sambut HUT ke-75 RI

Totok menjelaskan, ada beberapa tipe kereta wisata tematik yang dioperasikan kembali. Yakni kereta wisata tipe nusantara, tipe Jawa, Bali, Toraja, Sumatera, Retro, Imperial, dan kereta istimewa.

Masing-masing interior pada kereta wisata tematik didesain seindah mungkin sesuai dengan keunikan dan ciri khas keretanya. Misal, kereta Toraja didesain berbau Toraja. Begitupun dengan Bali.

Sedangkan Retro didesain sama persis dengan kereta yang pernah ditumpangi Presiden Soekarno.

Fasilitas lainnya, kereta dilengkapi minibar, toilet setara hotel bintang 4, wifi gratis, makanan dan minuman, serta lainnya.

“Untuk bisa menikmati perjalanan dengan kereta wisata, penumpang harus tetap mematuhi persyaratan yang telah diatur Gugus Tugas Covid-19,” tutur dia.

Persyaratan itu yakni penumpang dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita flu, batuk, atau demam dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Selain itu, penumpang diwajibkan melakukan rapid test sebelum perjalanan.

Baca juga: KAI Tambah 4 Perjalanan Kereta Api Jelang Idul Adha

Dengan peroperasian kembali kereta api wisata, PT Kawisata berupaya bangkit. Sejak didirikan tahun 2009, pihaknya tidak pernah merugi.

“Baru tahun ini rugi. Selama berhenti tiga bulan, kami minus. Sampai Desember 2020 kami perkirakan masih minus tapi tidak banyak, tidak mengganggu operasional,” pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X