Gubernur Kepri Positif Corona, Sudah 739 Warga Tanjungpinang Jalani Swab

Kompas.com - 04/08/2020, 12:54 WIB
Ilustrasi tes swab (tes usap). ShutterstockIlustrasi tes swab (tes usap).

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - 739 masyarakat Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) melakukan tes swab di posko Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib guna memastikan terpaparnya atau tidak virus corona atau covid-19.

Dimana yang melakukan swab yakni masyarakat yang mengikuti berbagai kegiatan seremonial seusai Gubernur Kepri Isdianto dilantik menjadi gubernur definitif.

Plt Kadis Kesehatan Kepri, Tjeptjep Yudiana mengatakan, 739 orang sudah mengikuti uji swab yang dilakukan mulai dari Kamis hingga Minggu kemarin.

"Ini untuk Tanjungpinang saja totalnya sudah 739 orang," kata Tjetjep melalui telepon, Senin (3/8/2020).

 Baca juga: Positif Corona, Gubernur Kepri Isdianto Minta Maaf

Tjetjep juga mengaku saat ini posko pengambilan sampel swab tetap buka hingga satu atau dua hari kedepan.

Bahkan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pasien Covid-19, pihaknya juga sudah merecanakan agar rumah singgah dijadikan ruang karantina atau isolasi bagi pasien terpapar Covid-19.

Sebab rumah singgah RSUP Raja Ahmad Thabib sudah penuh, begitu juga dengan RSKI Covid-19 Pulau Galang di Batam, 90 persen sudah terisi semua.

"Lokasinya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bintan tersedia 80 tempat tidur dan jika tetap tidak mencukupi, akan dibuka kembali di Hotel Sunrise Tanjungpinang,” terang Tjetjep.

Baca juga: Gubernur Kepri Positif Covid-19, Orang yang Kontak Erat Bisa Periksa Swab di 3 Posko

Lebih jauh Tjetjep mengatakan, dari 739 orang yang sudah menjalani tes swab, hingga saat ini hasilnya belum diketahui.

“Kami masih menunggu, mungkin karena banyaknya tes swab yang masuk pasca kejadian ini,” terang Tjetjep.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X