Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Terapkan Gotong Royong untuk Cegah Covid-19, Kelurahan Mentaos Jadi Contoh di Kalsel

Kompas.com - 24/07/2020, 21:17 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor atau yang biasa disapa Paman Birin, mengajak masyarakat menghidupkan budaya gotong royong untuk menghadapi Covid-19.

“Sejak dulu, para pejuang dan pendiri bangsa mengajarkan kita untuk bergotong royong. Hal itu juga harus dilakukan untuk menghadapi pandemi Covid-19,” kata Paman Birin dalam pernyataan tertulis.

Pernyataan itu ia sampaikan saat mengunjungi Kampung Tangguh Banua di Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Banjarbaru, Jumat (24/7/2020).

Masyarakat Kelurahan Mentaos memang sudah menyadari pentingnya gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Paman Birin pun mengatakan, Kelurahan Mentaos dapat menjadi contoh bagi wilayah lain.

Baca juga: Kalsel Catat Angka Kesembuhan 2.414 Kasus, Terbanyak dari Balangan

“Kampung Tangguh Banua membangun solidaritas antarsesama masyarakat, TNI, Polri, dan pemerintah daerah, serta meminimalkan dampak ekonomi dengan membangun kemandirian masyarakat dan melakukan sosialisasi penanganan Covid-19,” kata Paman Birin.

Warga Kampung Iwak juga membangun dapur umum, rumah lumbung sembako, dan ruang karantina mandiri, yang menjadi tempat transit sementara bagi warga yang mengalami gejala Covid-19.

Atas upaya-upaya tersebut, Kampung Iwak Kelurahan Mentaos berhasil mempertahankan angka 0 pada jumlah warga yang positif Covid 19.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan pun mengatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas dukungan terhadap kampung tangguh di Banjarbaru.

Baca juga: Kabar Baik, 159 Pasien Corona di Kalsel Sembuh dalam Sehari

Ia berharap, Kampung Tangguh Banua di Kampung Iwak Mentaos Banjarbaru mampu menangani penyebaran Covid-19.

Kemudian di sela-sela kunjungan, Paman Birin memanen ikan nila yang menjadi keunggulan Kampung Tangguh Banua karena mayoritas warganya pembudidaya dan pembibit ikan.

Ia lalu mengajak masyarakat beradaptasi, dengan menetapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, bersikaplah tenang dan jangan takut berlebihan. Namun, harus tetap waspada dan membiasakan diri dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga pandemi Covid-19 ini dapat teratasi dengan baik,” kata Paman Birin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com