Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

173 TKI Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Seorang Reaktif Rapid Test

Kompas.com - 19/05/2020, 19:34 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (19/5/2020) pagi.

 

Kepala Kantor Kesehatatan Pelabuhan (KKP) Semarang Ariyanti mengatakan, mereka bertolak dari Pontianak, Kalimantan Barat, menggunakan Kapal Dharma Rucitra IX.

"Jumlah TKI yang turun di pelabuhan ada sebanyak 173 orang. Mereka tersebar ada dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, NTB, Banten dan DIY" kata Kepala Kantor Kesehatatan Pelabuhan (KKP) Semarang Ariyanti kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Buntut Penangkapan 2 Pemain Bola dan Askot PSSI Jakut, BNN Gerebek Pabrik Sabu di Semarang

Dari rapid test yang sudah dilakukan kepada para TKI tersebut, ditemukan satu TKI yang hasilnya reaktif.

"Ada satu TKI asal Jawa Timur yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas. Kemudian langsung dirujuk ke RSUP Kariadi Semarang," ujarnya.

Berbeda dengan TKI yang turun dari bandara, seluruh TKI yang turun dari pelabuhan tidak dikarantina di Gedung BPSDM Jateng.

Baca juga: Puluhan TKI yang Tiba di Semarang Didominasi dari Pati dan Kendal

Akan tetapi, mereka diwajibkan menjalani karantina mandiri di wilayahnya masing-masing karena rapid test telah dilakukan sebelum mereka melakukan perjalanan menuju Semarang.

"Yang dari pelabuhan tidak karantina di Srondol. Tapi langsung karantina mandiri di tempat tinggalnya. Sedangkan dari bandara kami lakukan rapid test dan dikarantina di Srondol," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com