Kilas Daerah Semarang
KILAS DAERAH

UIN Walisongo Nobatkan Wali Kota Hendi sebagai Tokoh Peduli Lingkungan

Kompas.com - 06/04/2020, 21:55 WIB
Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq, menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. DOK. IstimewaRektor UIN Walisongo Imam Taufiq, menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

KOMPAS.com – Rektor Universitas Islam Negeri ( UIN) Walisongo Imam Taufiq mengatakan, pihaknya memberi penghargaan kepada dua tokoh inspiratif.

Kedua tokoh yang dimaksud adalah KH. Najib Hasan sebagai tokoh yang meruwat ajaran serta tradisi Walisongo, dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi, sebagai tokoh peduli lingkungan.

“Kami dukung tokoh inspiratif yang sesuai dengan visi misi lembaga kami, yaitu smart and green campus,” kata Imam, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Seremoni pemberian penghargaan sendiri dilakukan dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis UIN Walisongo ke-50, Senin (6/4/2020), yang dilakukan secara online.

Baca juga: Hadapi Cuaca Panas, Wali Kota Semarang Galakkan Gerakan Penghijauan

Imam mengatakan, Hendi pantas diberi penghargaan tersebut karena telaten merawat dan menghijaukan jalanan Kota Semarang.

Selain itu, Hendi juga terus membangun taman hijau di sudut-sudut kota hingga kelurahan. Taman hijau tersebut bisa digunakan masyarakat untuk berolahraga, dan berinteraksi sosial.

Secara keseluruhan, kebijakan-kebijakan Hendi berorientasi pada pengembangan lingkungan.

“Kami lihat kiprah wali kota cukup progresif. Kampus UIN Walisongo juga terinspirasi dari hal itu dan ingin menjadi bagian dari alur program pemerintah,” kata Imam.

Lebih lanjut Imam mengatakan, saat ini UIN Walisongo menduduki peringkat dua perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama yang mewujudkan green campus.

Baca juga: Bangun Kota Semarang, Hendi Lebih Suka Tatap Muka dengan Masyarakat

Secara terpisah, Hendi berterima kasih atas penghargaan serta apresiasi yang diberi kalangan akademisi terhadap kinerja pemerintah di bawah kepemimpinannya.

Menurut Hendi, selama memimpin ia hanya membereskan apa yang dirasa kurang.

“Persahabatan saya dengan keluarga UIN sudah cukup lama, ternyata ada bonusnya. Padahal saya hanya keliling saja, daerah mana yang dirasa kurang, disempurnakan,” kata Hendi.

Hendi pun berharap, penghargaan tersebut akan membuatnya terus berikhtiar mewujudkan Kota Semarang yang lebih baik lagi, terutama dalam hal penataan lingkungannya.

Baca juga: Lagi, Semarang Jadi Kota Pembangunan Manusia Terbaik di Jawa Tengah

“Semoga (penghargaan) ini menjadi pematik untuk terus bergerak dalam bidang lingkungan,” kata Hendi.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya