KILAS DAERAH

Hadapi Puncak Pandemi Covid-19, Kang Emil Resmikan RSUD di Pangandaran Lewat Video Conference

Kompas.com - 05/04/2020, 07:06 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menandatangani prasasti peresmian rumah sakit Pandega Pangandaran di Bandung, Sabtu (4/4/2020). Pemprov Jawa BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menandatangani prasasti peresmian rumah sakit Pandega Pangandaran di Bandung, Sabtu (4/4/2020).
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Wabah virus Corona atau Covid-19 tak halangi Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran.

Demi menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu meresmikannya melalui video conference dari Gedung Pakuan Bandung, Sabtu (4/4/2020).

Hadirnya RSUD Pandega menjadi kabar baik saat Indonesia mengalami darurat kesehatan masyarakat.

Kang Emil pun mengimbau Pemkab Pangandaran menyiapkan rumah sakit itu untuk hadapi puncak pendemi Covid-19 yang diprediksi pada April hingga Mei 2020.

Baca juga: Salurkan Bantuan Jack Ma, Pemprov Jabar Distribusikan 16.963 APD

“Saya lihat rumah sakitnya bagus sekali. Sekarang konversi saja jadi RS Covid-19 dulu. Tolong segera gunakan, siapkan satu lantai minimal untuk Covid-19,” imbau Kang Emil.

Meski di tengah situasi sulit, Kang Emil mengaku senang karena berkesempatan memberi sumbangsih ide untuk nama RSUD pertama di Pangandaran.

Pandega merupakan singkatan dari “Pangandaran Sehat dan Bahagia”. Sementara dalam bahasa Sunda, pandega memiliki makna “yang menjaga”.

“Mudah-mudahan rumah sakit ini menjadi pandega kesehatan warga Pangandaran,” kata Kang Emil dalam video conference.

Baca juga: Ridwan Kamil: 4 Institusi Kenegaraan di Jabar Terindikasi Positif Corona

Enam Ruang Isolasi untuk pasien Covid-19

Meski baru diresmikan, RSUD Pandega punya fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap.

Totak ada 170 tempat tidur perawatan, layanan fisioterapi, layanan persalinan, perawatan anak, PCU, poliklinik, hingga gudang farmasi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X