Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Salurkan Bantuan Jack Ma, Pemprov Jabar Distribusikan 16.963 APD

Kompas.com - 04/04/2020, 16:18 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) tahap ketiga ke kabupaten/kota dengan total bantuan 16.963 APD.

Selanjutnya, 16.963 APD tersebut ditujukan bagi 189 rumah sakit dan lima institusi di Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan kami mengatakan APD yang terdistribusi termasuk bantuan yang dikirimkan pendiri Alibaba, Jack Ma.

"Kami sudah mendistribusikan kurang lebih 16.900 APD ke rumah sakit dan daerah, termasuk yang dikirim Jack Ma dari Alibaba untuk Indonesia melalui Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/4/2020).

Baca juga: Pemprov Jabar Ajak BUMD Tanggulangi Covid-19 Lewat Program CSR

Sebelumnya, Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) melalui akun Instagram @ridwankamil menyatakan, dirinya mewakili warga Jabar berterima kasih atas bantuan dari co-founder Alibaba Group Jack Ma.

"Ada APD, test swab, masker, dan lainnya. Alhamdulillah sudah dibantu pemerintah pusat, dalam hal ini Pak Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, juga sebagian sumbernya datang dari Jack Ma, Alibaba Foundation," ujar dia.

Emil mengatakan, bantuan dari pebisnis asal China untuk warga Jabar membuktikan bahwa kemanusiaan tidak mengenal batas wilayah.

Baca juga: Gaji Ridwan Kamil dan ASN Pemprov Jabar Akan Dipotong 4 Bulan

"Atas nama warga Jabar, saya ucapkan terima kasih kepada Jack Ma. Semoga bisnis Alibaba barokah lahir batin, semoga Tuhan membalas kebaikan akang Jack Ma yang luar biasa. Sekali lagi, xie xie (terima kasih)," imbuh dia.

Emil juga tak lupa mengapresiasi bantuan berbagai pihak yang sudah bahu-membahu dalam penanggulangan coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Jabar.

Ia berharap akan semakin banyak pihak yang bekerja sama dalam menangani pandemi global itu.

"Saya mengimbau juga kepada masyarakat, mari bergotong royong menyumbangkan tenaga, pikiran, edukasi atau hartanya sedikit untuk kepentingan memberantas Covid-19 ini,” kata Emil.

Baca juga: Depok Dapat 1.000 Alat Rapid Test Covid-19 dari Pemprov Jabar

Ia pun berterima kasih kepada mereka yang sudah membantu dan berharap masyarakat Indonesia akan menang melawan Covid-19 dengan kekompakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani mengatakan, 189 rumah sakit yang menerima bantuan 16.963 APD tersebar di hampir seluruh wilayah Jabar.

Sejumlah rumah sakit itu di antaranya RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung, RSUD Indramayu, RSUD Gunung Jati Cirebon, RSU PMI Bogor, RS Puri Cinere Depok, RS Permata Bekasi, RSUD Ciamis, hingga RSUD Dr Soekardjo Tasikmalaya.

Kemudian lima institusi yang menerima bantuan APD adalah Laboratorium Kesehatan Jabar, Landasan Udara Husein Sastranegara, Badan Koordinasi Penanaman Modal Jabar, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jabar, dan Dinas Kesehatan Jabar.

Baca juga: Selasa Depan, Pemprov Jabar Gelar Rapid Test Covid-19 di Stadion Patriot Bekasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com