Fakta Dibongkarnya Makam Pasien Positif Corona, Warga Bunyikan Kentongan, Bupati Turun Tangan

Kompas.com - 03/04/2020, 06:15 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein (tengah) turut membongkar makam pasien positif corona karena ditolak warga di Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (1/4/2020). KOMPAS.COM/DOK BUPATI BANYUMASBupati Banyumas Achmad Husein (tengah) turut membongkar makam pasien positif corona karena ditolak warga di Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (1/4/2020).

KOMPAS.com- Warga Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen dan Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah membunyikan kentongan dan memblokade jalan menggunakan batang pohon, Selasa (31/3/2020).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap pemakaman pasien positif corona di wilayahnya.

Aksi warga memblokade jalan ini pun membuat ambulans pembawa jenazah pasien positif corona yang sudah masuk kampung tak bisa keluar.

Aksi ini berujung pada dibongkarnya kembali makam jenazah pasien positif corona.

Baca juga: Ironis, Pemakaman Korban Corona Ditolak dan Ambulans Diusir di Sejumlah Daerah, Mana Saja?

Merasa tak diberi tahu

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona
Kepala Desa Karangtengah Karyoto mengemukakan, warga kecewa karena merasa tak diberitahu perihal pemakaman jenazah pasien positif Covid-19.

"Yang pertama kami dibohongi petugas, dari Selasa siang banyak pelat merah berseliweran dan kami sama sekali tidak ada informasi dan pemberitahuan kepada pemdes (pemerintah desa)," kata dia.

Menurutnya, pemakaman jenazah pun dilakukan diam-diam tanpa sepengetahuan warga.

Saat jenazah selesai dikuburkan, mereka baru tahu yang sebenarnya.

"Tahu-tahu tadi malam sekitar pukul 19.00 WIB listrik mati, apakah sengaja dimatikan atau tidak kami tidak tahu. Setelah itu datang mobil rombongan kurang lebih enam, kemudian masyarakat tahu bahwa itu adalah untuk pemakaman," ujar Karyoto.

Baca juga: Liang Lahat Sudah Digali, Pemakaman Jenazah Positif Corona di Lampung Ditolak 2 Kali

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X