Jelang Local Lockdown, Pemkot Tegal Siapkan Anggaran Rp 2 Miliar hingga Logistik 4 Bulan

Kompas.com - 28/03/2020, 17:58 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar konferensi pers di Balai Kota Tegal, Rabu (25/3/2020) KOMPAS.com/Tresno SetiadiWali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar konferensi pers di Balai Kota Tegal, Rabu (25/3/2020)
Editor Setyo Puji

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tegal siap melakukan local lockdown atau isolasi wilayah pada 30 Maret hingga 30 Juli 2020.

Kebijakan ekstrem tersebut sengaja diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang diketahui saat ini kian merebak di daerah Tegal, Jawa Tengah.

Untuk mempersiapkan kebijakan tersebut, Pemkot Tegal telah menyediakan anggaran kebencanaan sebesar Rp 2 Miliar.

Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono mengatakan, selama kebijakan itu dijalankan, Pemkot akan memberikan bantuan kepada warga miskin yang terdampak.

"Saya sudah instruksikan Dinas Sosial harus segera untuk membantu masyarakat miskin, tidak mampu, atau yang membutuhkan dalam kondisi ini," kata Dedy, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Fakta di Balik Local Lockdown Tegal, Berawal Status Zona Merah hingga Akses Masuk Ditutup Beton

Selain menyiapkan anggaran kebencanaan, untuk mempersiapkan kebijakan isolasi wilayah itu pihaknya juga akan menghimpun dana sukarela dari para aparatur sipil negara (ASN) dan anggota DPRD Kota Tegal.

"Pas gajian ASN dengan sukarela tanpa paksaan bersama DPRD menghimpun dana gotong royong untuk membantu masyarakat," kata Dedy.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku sejauh ini sudah menyiapkan kebutuhan logistik hingga empat bulan ke depan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X